"Night Zoo" Cita-cita KBS yang Akan Segera Terwujud

Semoga wisata baru ini dapat segera terwujud

Surabaya, IDN Times - Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang merupakan salah satu ikon kota pahlawan akan membuat inovasi baru yakni Night Zoo. Dirut Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) Chairul Anwar mengatakan bahwa Night Zoo ini akan mulai dibangun pada awal tahun 2019.

1. Pengunjung akan dibawa ke hutan afrika

Night Zoo  Cita-cita KBS yang Akan Segera TerwujudIDN Times/Fitria Madia

Chairul memberikan gambaran bahwa nantinya KBS pada malam hari akan dibiarkan gelap seperti biasanya. Namun, akan ada permainan pencahayaan (lighting) dan musik. Ia menambahkan, permainan putaran-putaran api juga akan ditambahkan guna menciptakan suasana hutan yang sesungguhnya. "Nanti orang-orang akan masuk ke jugle of africa," gambarnya.

Ketika memasuki KBS, pengunjung akan langsung disuguhkan tak hanya suasana tapi juga perilaku dan suara dari hewan-hewan malam. Ia juga akan menyediakan area khusus dimana pengunjung akan menikmati pertunjukkan yang disediakan. Pada pertunjukkan ini, para hewan nocturnal akan masuk satu persatu secara perlahan. "Kami sudah siapkan hewan-hewannya seperti macan kumbang, elang, dan burung hantu," tambahnya.

2. Saat ini masih dalam pembuatan konsep

Night Zoo  Cita-cita KBS yang Akan Segera TerwujudIDN Times/Fitria Madia

Chairul menjelaskan bahwa pihaknya kini sudah sampai tahap pembuatan konsep desain KBS pada malam hari. Ia menjelaskan bahwa hewan-hewan malam ini memerlukan tempat khusus. Pintu masuknya juga akan dipisah. "Pintunya ini harus ada signing yang jelas. Harus ada in dan outnya," jelasnya.

Nantinya, Night Zoo akan diletakkan di sisi belakang KBS. Diperlukan pengamanan khusus yang ketat untuk memastikan bahwa hewan-hewan ini aman. "Pengamanannya harus khusus karena gak bisa dilihat dengan kasat mata. Harus orang yang hafal dengan gerak-gerik hewan malam." 

3. Dana yang dibutuhkan cukup besar

Night Zoo  Cita-cita KBS yang Akan Segera TerwujudIDN Times/Fitria Madia

Namun, pembuatan Night Zoo dirasa membutuhkan kerja ekstra karena banyak persiapan khusus yang diperlukan. Selain tim keamanan, letak Night Zoo juga perlu diperhatikan. Temperatur dari kandang harus dijaga. Chairil juga harus memperhatikan penggunaan energi saat malam hari.

Faktor-faktor tersebut ditambah penyediaan tenaga ahli khusus menurut Chairil membutuhkan dana yang besar. Kini timnya sedang mempertimbangkan apakah akan bekerja sama dengan pihak swasta dalam pembangunan Night Zoo ini.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya