Pesan Soekarwo kepada Khofifah dan Emil: Lanjutkan 'Kapal' Jatim

Masa bakti Soekarwo sebagai Gubernur Jatim berakhir hari ini

Surabaya, IDN Times - Masa bakti Soekarwo sebagai Gubernur Jawa Timur berakhir hari ini, Selasa (12/2). Dalam rangka purna bakti masa tugasnya sebagai orang nomor satu di Jatim, Soekarwo mengundang jajaran Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) Jatim, Bupati serta Wali Kota se-Jatim untuk bersantap malam bersama di Gedung Negara Grahadi, Senin (11/2).

Tak lupa ia menitipkan pesan untuk Gubernur Jawa Timur terpilih yang akan dilantik besok, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak.

Apa pesan Pakde Karwo untuk Khofifah-Emil? 

1. Menitipkan 'kapal' kepada Khofifah dan Emil

Pesan Soekarwo kepada Khofifah dan Emil: Lanjutkan 'Kapal' JatimDok. IDN Times/ Istimewa

Dalam pidato perpisahannya, Pakde Karwo menitipkan tonggak pemerintahan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

"Ibu Khofifah dan Mas Emil melanjutkan kereta atau kapal ini yang berjalan menuju pelabuhan yang diidamkan masyarakat Jatim," kata dia.

2. Menyebut Jatim sebagai Indonesia mini

Pesan Soekarwo kepada Khofifah dan Emil: Lanjutkan 'Kapal' JatimIDN Times/Fitria Madia

Dalam pidato perpisahannya tersebut, Pakde Karwo juga menjelaskan keberagaman yang ada di Jatim. Berbagai ras, suku, dan agama hidup rukun berdampingan di Jatim. Oleh karena itu ia menitipkan kondisi harmonis ini pada pemerintahan selanjutnya.

"Saya kira tidak berlebihan bahwa saya menyamakan dengan Indonesia mini yang dicita-citakan. Satu daerah yang luar biasa. Jatim memiliki pandangan yang terbuka terhadap hal-hal baik dan meneruskan hal-hal lama yang baik dalam kehidupan ini," tuturnya.

3. Berpamitan dan minta maaf kepada seluruh staf

Pesan Soekarwo kepada Khofifah dan Emil: Lanjutkan 'Kapal' JatimIDN Times/Fitria Madia

Dalam pidatonya, Pakde Karwo juga menghaturkan permintaan maaf apabila terdapat kesalahan dalam pemerintahannya. Dalam kesempatan ini, Pakde Karwo kembali tidak ditemani oleh wakilnya, Syaifullah Yusuf.

"Hari ini saya dan istri saya mohon pamit. Manusia tidak lepas dari keliru dan lupa. Saya mohon maaf kalau ada hal-hal yang maksud saya baik tapi mungkin salah menyampaikan," ungkapnya.

4. Kelakar gaji terakhir Pakde Karwo

Pesan Soekarwo kepada Khofifah dan Emil: Lanjutkan 'Kapal' JatimIDN Times/Fitria Madia

Pakde Karwo menyampaikan salam perpisahan ditemani oleh istrinya, Nina Soekarwo. Ia menuturkan rasa terima kasihnya kepada jajaran yang telah membantunya dalam 10 tahun terakhir.

"Saya bersama istri, dan pak wagub bersama Ibu Fatma mohon pamit, karena gaji tinggal satu amplop. Besok jam 24.00 WIB sudah berhenti," ujarnya disambut gelak tawa para undangan.

Malam tersebut berlangsung dengan cair. Para pejabat menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pakde Karwo dan salam selamat datang kepada Khofifah-Emil.

Tak hanya berisikan pidato, malam itu juga diwarnai oleh penampilan artis ibu kota Ari Lasso. Emil pun sempat bernyanyi bersama Ari Lasso.

Sampai jumpa lagi, Pakde Karwo!

Baca Juga: Makan Bareng Khofifah, Rupanya Risma Minta SMA/SMK Kembali Gratis

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya