3 Hal Ini Bikin PDIP Optimistis Menangi Pilkada Jatim

Lumbung suara ada di Mataraman

Surabaya, IDN Times - Hari H pemilihan kepala daerah provinsi Jawa Timur sudah dekat. Masing-masing partai pendukung pasangan calon pun kian gencar memanaskan mesin politik mereka guna meraup suara. Begitu pula dengan PDIP yang mengusung pasangan calon nomor urut 2, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

Dihadiri oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, PDIP menggelar rapat evaluasi pilgub Jatim pada Jumat (25/5) di kantor DPD PDIP Jawa Timur. "Ini merupakan upaya untuk mengintegrasikan seluruh kegiatan kemenangan gus ipul dan mbak puti," ujarnya. Mereka pun yakin bisa memenangi Pilkada Jatim. Setidaknya ada 3 hal yang membuat PDIP optimistis.

1. Survei menunjukkan Gus Ipul-Mbak Puti unggul

3 Hal Ini Bikin PDIP Optimistis Menangi Pilkada JatimIDN Times/Fitria Madia

Menurut keterangan Hasto, hasil survei yang dilakukan oleh tim kemenangan menunjukkan bahwa pasangan dari PKB dan PDIP masih unggul dibanding pasangan nomor urut 1 Khofifah-Emil. Menurutnya, grafik yang unggul ini karena sosok calon gubernur yang berpengalaman yang lahir dari rahim NU dipadukan dengan cucu ploklamator nasional.

2. Basis terkuat ada di Mataraman

3 Hal Ini Bikin PDIP Optimistis Menangi Pilkada JatimIDN Times/Fitria Madia

Hasto menjelaskan, lumbung suara pasangan calon nomor urut satu berada di daerah Mataraman. Daerah Mataraman terdiri dari Lamongan, Gresik, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Madiun, Kediri, Ponorogo, Magetan, Pacitan, Trenggalek, Blitar dan Tulungagung. Daerah tersebut memang kental dengan kultur NU yang merupakan basis PKB.

Ia menambahkan bahwa PDIP dan PKB akan selalu bekerja sama di strategi komunikasi politik selama satu bulan ke depan. "Tetapi di dalam menjaga daerah basisnya akan dilaksanakan oleh masing-masing partai," pungkasnya.

3. Pemilih Gus Ipul-Mbak Puti satu nafas dengan Jokowi

3 Hal Ini Bikin PDIP Optimistis Menangi Pilkada JatimIDN Times/Fitria Madia

Mantan wakil sekjen PDIP itu menambahkan bahwa berdasarkan hasil survey, para pendukung Gus Ipul-Mbak Puti juga merupakan pendukung Jokowi pada pemilihan presiden nanti. Sementara pemilih Khofifah-Emil mayoritas berpihak pada Prabowo. "Ini berdasarkan Charta Politika. Kami juga melakukan evaluasi secara internal," tambahnya.

Baca Juga: Pasca Debat, Cak Imin dan Hasto Langsung Temui Gus Ipul

Topik:

Berita Terkini Lainnya