Risma Pamer 5 Hal Ini Saat Upacara 17-an

Peningkatan pendapatan sampai penghargaan global

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berkesempatan menjadi inspektur upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-73 RI di halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya. Dalam sambutannya, Risma membeberkan pencapaian-pencapaian pemkot Surabaya selama kurun waktu beberapa tahun terakhir.

1. Pertumbuhan ekonomi

Risma Pamer 5 Hal Ini Saat Upacara 17-anIDN Times/Sukma Shakti

Risma mengaitkan kemerdekaan dengan sektor ekonomi di Surabaya. Ia memaparkan

pertumbuhan ekonomi Surabaya. Di tahun 2015, pertumbuhan ekonomi Surabaya sempat 

menyentuh angka 5,8 persen. Namun kini sudah  meningkat dan diharapkan di atas 7 persen. "Tetap di atas Jawa Timur dan Indonesia," ujarnya.

Selain itu, hal yang paling menggembirakan bagi Risma adalah, berdasar data Susenas BPS, kesejahteraan penduduk Surabaya meningkat pesat. Jika di 2010 kelompok bawah berjumlah 34,35 persen, maka di 2016 tinggal 8,06 persen. "Sementara kelompok atas dari 13 persen, telah melompat dengan mencapai jumlah 41,29 persen," tuturnya.

2. PAD meningkat

Risma Pamer 5 Hal Ini Saat Upacara 17-anIDN Times/Fitria Madia

Selain itu, Risma juga menyebutkan ransformasi Layanan E–Government  (E–Gov) dari kios menjadi mobile apps (mobile application) yang dipadukan dengan MalnPelayanan Publik. Ia mengklaim bahwa hal ini makin memudahkan akses warga kota dan dunia usaha.

Hasilnya Pertumbuhan Ekonomi Sektor yang terkait dengan perizinan, seperti Akomodasi dan Makan Minum (Hotel dan Restoran), Real Estate, Konstruksi, tumbuh di atas Pertumbuhan Ekonomi Surabaya. "Peningkatan pesat pendapatan pajak setiap tahunnya (CAGR) mulai 2010, PBB naik 11,5%, BPHTB naik 19,4% dan Restoran naik 20,3%. Sehingga PAD naik Rp908 miliar menjadi lebih dari Rp5 triliun," jelasnya.

Baca Juga: Upacara 17-an, Risma Ajak Anak-anak Tiru Supriadi

3. Prestasi pelajar meningkat dibanding tahun sebelumnya

Risma Pamer 5 Hal Ini Saat Upacara 17-anIDN Times/Fitria Madia

Tak hanya faktor ekonomi, Risma juga memamerkan siswa Surabaya yang berprestasi. Menurut data yang dimilikinya, sebanyak 7.873 pelajar berprestasi pada tahun 2017. Jumlah ini meningkat cukup tinggi dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 6.580 pelajar berprestasi. "Dengan 259 di antaranya merupakan penghargaan internasional," imbuhnya.

4. Tuan rumah event internasional

Risma Pamer 5 Hal Ini Saat Upacara 17-anIDN Times/Ardiansyah Fajar

Seperti yang diketahui, Surabaya kerap kali menjadi tuan rumah acara-acara internasional antara lain Prepcom 3 UN Habitat yang diikuti lebih enam ribu tamu dari 193 negara, Pertemuan Kota Layak Anak – UNICEF dan aneka kegiatan internasional. "Serta di September tahun ini, 7th United Cities Local Government (UCLG) Aspac Congress dan Startup Nation Summit (SNS) di November ini," imbuhnya.

Hal ini, lanjut Risma, bukan sekedar menempatkan kembali Surabaya di peta dunia. Yang lebih penting adalah memberikan peluang memasarkan layanan publik, produk lokal, wisata, taman, dan kampung yang menarik untuk dikunjungi.

5. Penghargaan tingkat dunia

Risma Pamer 5 Hal Ini Saat Upacara 17-anIDN Times/Fitria Madia

Ia juga menyebutkan penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha (Penghargaan Tertinggi Kinerja Pemerintah yang baik selama tiga tahun berturut–turut). Ditambah lagi dengan lebih dari 40 Apresiasi Internasional yang diberikan ke Surabaya seperti Global Green City 2017, UNESCO Learning City Award 2017, dan Special Mention Lee Kwan Yew World City Prize 2018. "Prestasi-prestasi tersebut adalah buah kerja keras yang kreatif dengan disiplin seluruh stakeholders kota," tegasnya.

Baca Juga: Risma Berencana Kirim Supriadi ke Liverpool

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya