Sandiaga Uno Blak-blakan Ungkap Alasannya Enggan Jadi Bos BUMN

Banyak cara mengabdi di Indonesia, katanya

Surabaya, IDN Times - Sandiaga Salahuddin Uno blak-blakan membeberkan alasannya enggan jadi bos Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Meski tak merinci, Sandi mengaku kerap berbicara dengan Menteri BUMN Erick Thohir soal beberapa perusahaan yang dimiliki negara. Saat ini Sandi lebih memilih fokus di jalur politik melalui Partai Gerindra.

1. BUMN harus dipimpin orang-orang yang tidak terjun ke dunia politik

Sandiaga Uno Blak-blakan Ungkap Alasannya Enggan Jadi Bos BUMNSandiaga Uno saat berada di Universitas Airlangga, Jumat (29/11). IDN Times/Fitria Madia.

Sandi mengatakan bahwa jabatan di BUMN seharusnya dimiliki oleh orang-orang yang bertalenta namun tidak masuk dalam dunia politik. Sedangkan saat ini dia telah kembali terjun ke dunia politik.

"Saya sudah sampaikan berulang kali, ya bahwa BUMN perlu diisi oleh talenta-talenta terbaik di Indonesia dan kita gak kekurangan talenta. Bahwa BUMN itu bebas dari unsur politik. Jadi, BUMN itu dikelola oleh the right man at the right place," ujarnya saat ditemui di Universitas Airlangga, Jumat (29/11).

2. Banyak cara untuk mengabdi di Indonesia

Sandiaga Uno Blak-blakan Ungkap Alasannya Enggan Jadi Bos BUMNSandiaga Uno saat berada di Universitas Airlangga, Jumat (29/11). IDN Times/Fitria Madia.

Menjadi pejabat di BUMN merupakan salah satu cara untuk mendedikasikan diri kepada negara. Namun menurut Sandi, untuk mengabdi di Indonesia juga tak harus dengan menjadi bos BUMN. Pria yang mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada Pilpres 2019 itu mengaku bisa mencari jalan lain di politik atau kalangan anak muda.

"Intinya, kita membangun bangsa ini tidak perlu harus ada di pemerintahan atau di BUMN. Tapi, kita terus berada di tengah masyarakat, anak-anak muda. Ini adalah bagian kita untuk membangun bangsa," tutur mantan wakil gubernur DKI Jakarta tersebut.

Baca Juga: Erick Thohir Ajukan 12 Nama Calon Deputi Kementerian BUMN 

3. Erick tahu pasti Sandiaga sudah kembali ke Partai Gerindra

Sandiaga Uno Blak-blakan Ungkap Alasannya Enggan Jadi Bos BUMNSandiaga Uno saat menghadiri acara Seminar dan Diskusi Jihad Ekonomi Melalui Pengembangan UMKM di Hotel Grand Dafam Rohan, Bantul, DIY, Kamis (14/11). (IDN Times/Tunggul Kumoro)

Ketika ditanya apakah ia mendapatkan tawaran secara langsung dari Menteri BUMN Erick Tohir, Sandi enggan menjawab secara gamblang. Ia menekankan bahwa Erick, yang juga dikenal sebagai teman akrabnya, telah mengetahui bahwa ia kembali ke Partai Gerindra.

"Jadi agar memastikan BUMN dikelola secara mandiri dan bebas dari politik, maka masih banyak talenta yang bisa membantu pak Erick. Saya bisa membantu agar talenta tersbut mendapat kesempatan berkontribusi di BUMN," pungkasnya.

Baca Juga: Ditawari Kursi Wakil Gubernur DKI Lagi, Begini Jawaban Sandiaga Uno 

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya