Setibanya di Indonesia, Mahasiswa Unesa akan Dapat Perlakuan Khusus

Jika mereka tiba di Indonesia dengan riwayat demam

Surabaya, IDN Times - Warga Jawa Timur yang saat ini terjebak di Wuhan, Tiongkok akan mendapatkan perlakuan khusus jika kembali ke Jatim dalam waktu dekat. Perlakuan ini juga berlaku bagi empat mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang masa tinggalnya habis pada 2 Februari 2020. Hal ini berkaitan dengan penularan virus corona yang mematikan. 

1. Pemprov mencegah virus corona masuk ke Jatim

Setibanya di Indonesia, Mahasiswa Unesa akan Dapat Perlakuan KhususIlustrasi virus Corona. IDN Times/Mia Amalia

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur Herlin Ferliana menjelaskan, tiap orang yang memasuki wilayah Jatim dari luar negeri akan diperiksa suhu tubuhnya melalui Thermal Scanner. Jika diketahui suhu tubuh lebih tinggi dari 37 derajat celcius, maka yang bersangkutan akan dimasukkan ke dalam ruang isolasi.

"Apalagi yang sudah terdeteksi di sana itu maka kita harus memastikan. Kita punya 2 rumah sakit besar dr Soetomo dan Saiful Anwar untuk kita pastikan mereka sudah bersih dari infeksi tersebut," jelas Herlin saat ditemui di RSUD dr Soetomo, Senin (27/1).

2. Warga yang baru datang dari Wuhan akan mendapat perhatian khusus

Setibanya di Indonesia, Mahasiswa Unesa akan Dapat Perlakuan KhususPramesti dan kawan-kawannya mengenakan masker untuk menghindari virus Corona. (Pramesti Ardita Cahyani for IDN Times)

Jika orang tersebut berasal dari Wuhan, Tiongkok, maka Herlin akan melakukan pemeriksaan khusus. Tak hanya demam saat itu, jika memiliki riwayat demam sebelum tiba di Indonesia pun maka ia akan dibawa ke rumah sakit.

"Kalau ada riwayat dia pernah demam tinggi di sana atau terdiagnosa di sana rasanya kita akan lebih memperketat kewaspadaan dan akan konsultasi dengan RSU dr Soetomo sebagai rumah sakit milik provinsi," tuturnya.

Baca Juga: Imbas Virus Corona, 12 Mahasiswa Unesa Terisolasi di Wuhan

3. Mahasiswa yang tertahan di Wuhan akan dibawa ke rumah sakit dulu

Setibanya di Indonesia, Mahasiswa Unesa akan Dapat Perlakuan KhususIlustrasi virus Corona. IDN Times/Mia Amalia

Hal tersebut berlaku juga bagi empat mahasiswa Unesa yang diperkirakan akan pulang lebih dahulu lantaran masa studinya di Wuhan telah selesai. Saat ini mereka tengah terisolasi menunggu keputusan KBRI Beijing kapan mereka dapat pulang ke tanah air.

"Jadi kemungkinan besar mereka akan dibawa ke rumah sakit terlebih dahulu," pungkas Herlin.

Baca Juga: Khofifah Minta Rektor Unesa Terus Update Kondisi Mahasiswa di Wuhan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya