Tak Terima Dicerai, Rio Bakar Rumah Rosmala hingga Habis

Saat ini pembakar sekaligus suami Rosmala belum ditemukan

Surabaya, IDN Times - "Tok-tok-tok". Suara pintu Rosmala (37) berbunyi membuyarkan mimpinya. Jarum jam mengarah sekitar pukul 23.00 WIB, Jumat (28/2). Ia sudah tahu siapa yang menggedor rumahnya tengah malam begini. Matanya kembali terpejam.

"Brak!". Rupanya tamu tak diundang itu semakin nekat. Pintu belakang Rosmala dijebol. Ia pun beranjak lari ke rumah kakaknya yang berada di depan gang rumahnya, Jalan Pucangan III. Ia mengajak anak bungsunya.

Tapi ternyata, si tamu yang tak lain adalah suaminya kembali mengikuti. Ia pun lari ke rumah tetangga yang berada di belakang rumahnya. Niatnya, ia mengemasi barang-barang yang dititipkan di rumah tetangga itu. "Aku masiho ngobong omah iki gak masalah," teriak si laki-laki. Tak selang lama, warga ribut. Rumah Rosmala benar-benar dibakar. Api membumbung tinggi hingga atapnya langsung roboh. Hancur rumah Rosmala sehancur hatinya saat ini.

Baca Juga: Ini Kelebihan 2 Robot Pemadam Kebakaran Seharga Rp40 M Punya DKI

1. Suami bakar rumah

Tak Terima Dicerai, Rio Bakar Rumah Rosmala hingga HabisRosmala (37), korban kebakaran di Jalan Pucangab III. IDN Times/Fitria Madia

Laki-laki bernama Rahmad Zakaria (35) itu kabur setelah menyulut si jago merah di rumah Rosmala. Tak ada yang sempat menangkapnya. Warga panik memadamkan api dengan air sumur yang beruntungnya terletak pas di samping rumah. Tak selang lama Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya tiba dan memadamkan api.

"Sudah hangus semuanya. Ada kulkas, buku-buku anak saya, seragam sekolahnya juga," tutur Rosmala lirih saat ditemui di rumah kakaknya, Sabtu (29/2).

Rosmala pun kembali menengok rumah peninggalan kedua orangtuanya itu. Semua sudah menghitam, hangus terbakar. Kasur yang biasanya ia tiduri bersama dua anaknya sudah remuk dimakan api. Peralatan makan yang terbuat dari plastik juga meleleh.

2. Pembakar kabur dan belum ditemukan

Tak Terima Dicerai, Rio Bakar Rumah Rosmala hingga HabisRumah Rosmala (37) yang dibakar habis suaminya. IDN Times/Fitria Madia

Sontak warga pun bersama-sama mencari sosok Rahmad alias Rio itu. Petugas kepolisian juga ikut mencari Rio di rumahnya yang terletak di Jalan Juwingan. Beberapa tempat kemungkinan Rio berada juga digeledah.

"Gak ada. Semuanya sudah dicari," ujar Rosmala.

Hingga Sabtu (29/2) siang, Rio belum juga ditemukan. Rosmala pun hanya berharap kepolisian bisa segera menemukan Rio. Ia mengira, setidaknya Rio berada di Porong, Sidoarjo atau Kediri, tempat nenek dan ibunya berada.

3. Pasangan itu sedang dalam tahap cerai

Tak Terima Dicerai, Rio Bakar Rumah Rosmala hingga HabisRumah Rosmala (37) yang dibakar habis suaminya. IDN Times/Fitria Madia

Rosmala dan Rio memang sudah pisah ranjang. Sudah dua bulan ia menjalani sidang perceraian. Ia sudah tidak kuat hidup dengan Rio, sosok yang begitu kasar dan tak bertanggung jawab bagi Rosmala dan anak-anaknya.

"Satu, dia KDRT. Selama 15 tahun menikah itu dia KDRT. Dua, tidak menafkahi. Tiga, suka judi, mabuk-mabukan," terangnya.

Rio adalah seorang pengangguran. Ia tiap hari menggantungkan diri kepada Rosmala yang bekerja di sebuah warung nasi. Meski sudah dalam tahap bercerai, Rio tetap sering mendatangi warung Rosmala untuk meminta uang dan nasi.

"Saya kasih terus uang sama nasi. Saya kerja ikut orang jualan nasi. Dari pada rame dia kalau minta saya kasih terus," imbuhnya.

Akan tetapi Rosmala sudah tidak kuat. Ia tidak bisa lagi menerima pukulan demi pukulan dari tangan Rio. Ia pun mantap akan membesarkan kedua anaknya sendiri tanpa bantuan Rio.

4. Sang suami tak terima diceraikan

Tak Terima Dicerai, Rio Bakar Rumah Rosmala hingga HabisRumah Rosmala (37) yang dibakar habis suaminya. IDN Times/Fitria Madia

Sayangnya, Rio tidak terima ia diceraikan. Tiap hari, ia meneror rumah Rosmala. Seakan ia tak akan membiarkan Rosmala hidup tenang tanpa dirinya. Tapi nasi sudah jadi bubur, tanggal 12 Februari putusan cerai sudah keluar.

"Mungkin dia gak terima. Tapi memang saat sidang sidang itu dia gak terima. Setiap hari saya kaya diteror terus. Jam satu (pagi) ketok-ketok pintu, jam dua (pagi) ketok-ketok jendela," kenangnya.

Kini Rosmala hanya bisa menanti. Ia berharap pihak kepolisian segera menangkap Rio dan mempertanggungjawabkan perbuatannya. Rumah yang terbakar menjadi saksi, bagaimana Rio menyakiti hati Rosmala.

Baca Juga: 5 Penyebab Perceraian yang Paling Santer Terjadi, Apa Sajakah?

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya