[UPDATE] Jatim Nomor 1 Kasus COVID-19, Surabaya Sumbang 5.344

Kasus di Jatim sudah lampaui DKI Jakarta

Surabaya, IDN Times - Jawa Timur menempati posisi pertama sebagai provinsi dengan akumulasi kasus COVID-19 terbanyak di Indonesia pada Jumat (26/6). Satu kota yang berpengaruh besar dalam posisi ini adalah Kota Surabaya yang kini menyumbang 5.344 kasus.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim, ada tambahan 363 kasus positif COVID-19 per Jumat. Tambahan terbanyak berasal dari Kota Surabaya yaitu 187 kasus. Penambahan terbanyak kedua berasal dari Kabupaten Sidoarjo yaitu 39 kasus.

Meski kasus pertambah signifikan, jumlah pasien sembuh juga cukup naik. Terdapat tambahan 190 pasien sembuh yang 100 di antaranya berasal dari Kota Surabaya. Saat ini terdapat 3.619 pasien sembuh dari COVID-19 di Jatim.

Sementara untuk pasien meninggal dunia mendapat tambahan sembanyak 17 pasien menjadi 815 orang. Dengan ini Jatim masih menjadi provinsi penyumbang pasien meninggal akibat COVID-19 terbanyak di Indonesia.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merespons permintaan Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo untuk menurunkan kasus COVID-19 di Jatim dalam dua pekan. Ia pun meminta kerja sama seluruh kepala daerah dalam mewujudkan hal ini.

"Saya minta dalam waktu dua minggu ini pengendaliannya betul-betul kita lakukan bersama-sama dan terintegrasi dari semua unit organisasi yang kita miliki di sini," ujar Khofifah.

Di sisi lain, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengklaim bahwa saat ini penambahan kasus positif COVID-19 di Kota Surabaya sudah mengalami penurunan. Hanya saja, data yang terpampang saat pengumuman penambahan kasus adalah hasil tes swab sekitar seminggu lalu.

"Memang turun hasilnya, nanti kalau gak banyak, saya dituduh gak nyambut gawe (gak bekerja)," ungkapnya, Jumat (26/6).

Baca Juga: Ajudan Ketua Rumpun Gugas Jatim Positif COVID-19, Satu Lainnya Reaktif

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya