Warga Surabaya Kumpulkan Bantuan untuk Lombok Sebesar Rp1,4 miliar

Terima kasih warga Surabaya!

Surabaya, IDN Times - Sudah lewat sepekan dari tragedi gempa 7 SR yang menimpa pulau Lombok, namun Pemkot Surabaya masih gencar memberikan bantuan kepada para pengungsi secara langsung. Bantuan-bantuan ini berasal dari donasi warga Surabaya dan Pemkot Surabaya yang telah mencapai Rp1,4 miliar. Hal ini disampaikan oleh Kepala BPB dan Linmas Kota Surabaya Eddy Christijanto di kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya, Selasa (14/8).

1. Belum termasuk bantuan barang

Warga Surabaya Kumpulkan Bantuan untuk Lombok Sebesar Rp1,4 miliarIDN Times/Fitria Madia

Eddy menambahkan, jumlah uang tersebut belum termasuk donasi berupa barang. Hingga saat ini, pemkot Surabaya telah menyalurkan barang kebutuhan sehari-hari seperti makanan, genset, pompa air, penjernih air, pakaian, hingga kain kafan. "Pokoknya kita sekarang fokus ke kebutuhan sehari-hari dulu. Apalagi makanan. Baru sampai Lombok Barat saja mobil kita sudah dijarah pengungsi nyari makanan," jelasnya.

2. Posko masih dibuka hingga waktu yang tak ditentukan

Warga Surabaya Kumpulkan Bantuan untuk Lombok Sebesar Rp1,4 miliarIDN Times/Ardiansyah Fajar

Eddy menuturkan, meskipun donasi telah cukup banyak dan menutup keperluan membangun SD Obel-Obel 1 yang membutuhkan dana Rp840 juta, namun posko masih akan terus dibuka. Hal ini lantaran jumlah pengungsi yang masih banyak dan minat warga Surabaya untuk membantu yang cukup tinggi. "Nanti kalau uangnya lebih banyak kan kita bisa bangun sekolah lain," tuturnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Penanganan Korban Gempa di Lombok

3. Stop donasi pakaian

Warga Surabaya Kumpulkan Bantuan untuk Lombok Sebesar Rp1,4 miliarBNPB

Bagi warga Surabaya yang ingin terus menyumbang, Eddy mengimbau untuk tidak lagi menyumbangkan pakaian. Hal ini dikarenakan jumlah pakaian yang cukup menumpuk di posko bantuan dan belum disortir. "Lebih baik bantuan kita fokuskan pada makanan terutama makanan siap makan seperti kue kering. Karena itu lebih dibutuhkan saat ini daripada pakaian. Bantuan pakaiannya sudah banyak," jelasnya.

Baca Juga: Jokowi dan TGB Naik Motor Trail ke Pengungsian Gempa Lombok

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya