Setengah Abad, Jakarta Fair Kemayoran Lebih Meriah

Waktunya lebih panjang.

Jakarta Fair Kemayoran, pameran shopping terbesar se-Asia Tenggara, memasuki tahun penyelenggaraan ke-50. Pada usia emas ini, ada banyak keistimewaan yang disiapkan oleh pihak penyelenggara, PT Jakarta Internasional Expo, yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Salah satu keistimewaannya adalah penyelenggaraannya yang lebih lama. Jika pada gelaran sebelumnya hanya sekitar sebulan, Jakarta Fair Kemayoran tahun ini dilaksanakan selama 39 hari, yaitu mulai 8 Juni hingga 16 Juli 2017. Selain itu, tenant yang terlibat dalam pameran juga lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Jumlah pengunjung ditarget naik lima kali lipat.

Setengah Abad, Jakarta Fair Kemayoran Lebih MeriahFrancisca Christy Rosana/IDNTimes.com

Terjadi peningkatan jumlah partisipan hingga 20 persen, baik untuk penyewa tenant outdoor maupun indoor. Hingga 5 Juni 2017, jumlah tenant pun telah terjual 100 persen. Sampai-sampai ada penambahan jumlah untuk tenant yang berlokasi di luar ruangan. 

Menengok hal itu, pihak penyelenggara tak ragu-ragu meningkatkan target pengunjung hingga lima kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya. Target jumlah pengunjung yang dibidik untuk tahun ini ialah 5,7 juta orang dengan nilai transaksi hingga Rp 6,5 triliun. 

Penyelenggara optimistis menaikkan target lantaran tahun ini Jakarta Fair digelar bersamaan dengan datangnya masa liburan anak sekolah, juga bulan Ramadan. Memang sudah empat tahun ini Jakarta Fair digelar berbarengan dengan Bulan Suci. Karena respons yang baik di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini penyelenggara optimistis Jakarta Fair akan lebih meriah. 

Baca Juga: CASA Indonesia 2017: Pameran Interior Keren Buat Millennials

Sejumlah tenant akan menjual barang-barang multiproduk.

Setengah Abad, Jakarta Fair Kemayoran Lebih MeriahFrancisca Christy Rosana/IDNTimes.com

Di lahan 44 hektare, produk yang dijajakan di antaranya meliputi otomotif, teknologi informasi, komputer, alat-alat olahraga, kerajinan tangan, fashion, kosmetik, dan lain-lain. Perusahaan yang terlibat mencapai 2.700. Hampir seluruhnya memarkan barang dengan diskon khusus. 

Selain itu, keistimewaan lain ialah bakal digelar sentra kuliner yang berlokasi di belakang Hall E. Kuliner ini mengangkat makanan-makanan Nusantara, khususnya yang punya nama di Ibu Kota, semisal Nasi Goreng Kebon Sirih. Jumlah penjaja kulinernya mencapai sekitar 50 stan. 

Bagi pengunjung yang membawa anak kecil, mereka tak perlu khawatir kalau si kecil akan bosan. Sebab, disediakan arena bermain atau kids station. Salah satunya di Hall A. Di sana tersedia ruang khusus yang menyediakan trompoline. Anak-anak bisa bermain di sana dengan aman. Sementara itu, si orang tua dapat berbelanja dengan puas. 

Tak cuma itu, pasar malam juga digelar untuk menjadi pelengkap hiburan.

Setengah Abad, Jakarta Fair Kemayoran Lebih MeriahFrancisca Christy Rosana/IDNTimes.com

Di pasar malam yang berlokasi di area Jakarta Fair, disediakan beragam wahana, semisal rumah hantu, yang bakal memacu adrenaline para pengunjung. 

Tak hanya istimewa dalam hal hiburan, Jakarta Fair juga menyempurnakan kenyamanan pengunjung dengan melengkapi fasilitas publik. Pertama, penyediaan ruang ibadah. General Manager PT JIExpo Oki Setiawan, dalam konferensi pers yang digelar di Kemayoran, Jakarta, 5 Juni 2017, mengatakan pihak penyelenggara telah menyediakan tempat salat di masing-masing hall. Jadi pengunjung tak bakal melenakan waktu beribadah, khususnya tarawih, saat mengunjungi pameran. 

Soal kebersihan, tamu pun tak perlu khawatir. Sebab, setidaknya, ada 1.500 tenaga kerja yang diserap untuk menjadi petugas kebersihan. Supaya nyaman, masing-masing toilet juga akan dilengkapi dengan tissue. 

Sementara perihal aksesibilitas, telah disediakan sembilan unit mikrobus—masing-masing memuat 40 penumpang--dan elf—yang masing-masing mampu menampung 20 orang—yang bakal menjemput tamu Jakarta Fair dari Halte Juanda menuju lokasi Jakarta Fair. 

Guna mengamankan lokasi, selama kegiatan berlangsung, jajaran TNI dan Polri telah turut berpartisipasi sebagai mitra. Jadi tamu tak perlu khawatir karena keamanan akan sangat terjaga. Pun, setiap hari, personel keamanan bakal melakukan screening di masing-masing tenant dan semua area di Jakarta Fair untuk memastikan wilayah tersebut aman dari ancaman teroris. 

Segala informasi mengenai Jakarta Fair mulai tahun ini bisa didapatkan secara online melalui aplikasi mobile.

Setengah Abad, Jakarta Fair Kemayoran Lebih MeriahFrancisca Christy Rosana/IDNTimes.com

Aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store untuk pengguna Android. Melalui aplikasi ini, pengunjung bisa memantau diskon, jadwal, hingga pengundian doorprize dan grandprize. Memang, pihak penyelenggara telah menyediakan ratusan hadiah.  Di antaranya lima unit mobil, 50 unit sepeda motor, hingga 500 unit ponsel. 

Jakarta Fair akan berlangsung setiap hari, mulai pukul 15.30 hingga 23.00. Sementara itu, khusus Sabtu dan Minggu, gate akan dibuka pukul 10.00 hingga 23.00. Pada saat Idul Fitri, yakni H-1 (malam takbiran), Jakarta Fair dibuka pukul 10.00-18.00, sedangkan pada Hari H, gate dibuka pukul 14.00 hingga 23.00. Selanjutnya, pada 26 Juni hingga 2 Juli, Jakarta Fair dibuka pukul 10.00 sampai 23.00. Setelahnya, event akan dibuka normal, yakni pukul 15.30 hingga 23.00. 

Baca Juga: Jangan Sampai Kamu Ketinggalan Pameran The World of Ghibli di Jakarta Ini!

Topik:

Berita Terkini Lainnya