Freeport Indonesia Raih Penghargaan Sustainable Business Awards 

Penghargaan ini diraih berkat praktik keberlanjutan

Jakarta, IDN Times - PT Freeport Indonesia (PTFI) menerima penghargaan Sustainable Business Awards  (SBA) untuk kategori Highly Commended pada 2 Juni lalu. Dalam ajang penghargaan SBA Indonesia ke-9 yang diadakan secara virtual, PTFI menjadi salah satu dari 20 perusahaan terbaik, serta satu-satunya perusahaan dari Papua yang mendapatkan rekognisi atas praktik  keberlanjutan sektor usaha yang dinilai berdasarkan 12 pilar keberlanjutan. 

Ajang penghargaan ini diselenggarakan Global Initiatives bekerja sama dengan PwC,  Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD), dan Indonesia Business  Coalition for Women Empowerment (IBCWE). Penyelenggaraan SBA di Indonesia tahun ini  merupakan penyelenggaraan SBA ke-10.

“Penyelenggaraan SBA bertujuan untuk mengapresiasi perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara yang menunjukkan komitmen keberlanjutan mereka. Pencapaian yang diraih PTFI beserta beberapa perusahaan lainnya menunjukkan komitmen dunia usaha dalam merealisasikan program-program keberlanjutan di berbagai sektor yang mencakup pemberdayaan masyarakat, tata kelola perusahaan yang baik, dan pelestarian lingkungan. Seluruh pemenang SBA diharapkan dapat menginspirasi perusahaan lain untuk turut  menerapkan nilai sustainability dalam operasional bisnis,” ujar Presiden Indonesia Business  Council for Sustainable Development Shinta W Kamdani. 

1. Penghargaan ini meneguhkan kembali dedikasi Freeport Indonesia untuk mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

Freeport Indonesia Raih Penghargaan Sustainable Business Awards Pemberian penghargaan Sustainable Business Award (SBA) kepada PT Freeport Indonesia untuk kategori Highly Commended. (Dok. Freeport)

Presiden Direktur PTFI Tony Wenas menjelaskan penghargaan yang PTFI terima  merupakan bukti dari upaya keberlanjutan yang PTFI lakukan selama periode 2020/2021.

“Pengakuan ini merefleksikan komitmen perusahaan serta dukungan seluruh karyawan dan  masyarakat bagi PTFI untuk melakukan produksi yang aman dan berkelanjutan. Penghargaan ini  meneguhkan kembali dedikasi kami untuk mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan  Berkelanjutan (SDGs), mengelola lingkungan dengan baik, serta menciptakan nilai tambah bagi  kepentingan semua pemangku kepentingan,” ujar Tony.

Baca Juga: Freeport Berniat Tingkatkan Investasi ke Indonesia 

2. Wujud komitmen PT Freeport Indonesia selama 55 tahun berdiri

Freeport Indonesia Raih Penghargaan Sustainable Business Awards PT Freeport Indonesia (PTFI) menerima penghargaan Sustainable Business Awards  (SBA) untuk kategori Highly Commended pada 2 Juni lalu. (Dok. Freeport)

Pengimplementasian kegiatan operasi yang berkelanjutan di sektor lingkungan, sosial, dan tata  kelola menjadi wujud komitmen PTFI selama 55 tahun berdiri. Ke depannya, PTFI mendukung  penerapan green economy dengan target pengurangan emisi gas rumah kaca sebesar 30 persen pada 2030 melalui penggunaan sistem kereta listrik tanpa awak di tambang bawah tanah. 

Sementara itu pada program pengembangan masyarakat, PTFI terus berupaya untuk memberikan  nilai tambah bagi masyarakat sekitar dan pemangku kepentingan melalui kontribusi ekonomi,  pendidikan, kesehatan, dan sosial budaya yang selaras dan mendukung pemenuhan SDGs.

3. Freeport Indonesia berperan penting dalam pengimplementasian aspek keberlanjutan

Freeport Indonesia Raih Penghargaan Sustainable Business Awards Dok. Freeport

Pencapaian SDGs menjadi prioritas pembangunan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan  kesejahteraan ekonomi masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup, serta pembangunan  yang inklusif dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan. Menteri Perencanaan  Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa yang juga hadir dalam acara penghargaan ini  memandang perusahaan sebagai pihak yang memiliki peran penting dalam pengimplementasian aspek keberlanjutan, khususnya dalam pencapaian SDGs.

“Pencapaian SDGs di Indonesia tidak akan berhasil tanpa peran dan dukungan para pelaku bisnis untuk memperluas implementasi program-program keberlanjutan. Pemerintah mengapresiasi ajang penghargaan seperti SBA yang telah membantu memajukan upaya keberlanjutan nasional, serta para pelaku bisnis yang  telah konsisten mendukung pemerintah dalam mencapai tujuan keberlanjutan di Indonesia,” kata  Suharso. (WEB)

Baca Juga: Freeport Salurkan Modal Usaha Bagi 30 Pengusaha Millennial Papua

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya