10 Fakta Autopsi dan Pemindahan Makam Lina Ibunda Rizky Febian

Kini, jenazah Lina telah disemayamkan di Ujungberung

Bandung, IDN Times – Pembongkaran makam Lina Jubaedah, mantan istri komedian Entis Sutisna (Sule) sekaligus ibunda penyanyi Rizky Febian, baru saja dilakukan oleh Polisi Resor Kota Besar Bandung,Kamis (9/1). Pembongkaran itu tak lepas dari kelengkapan bukti setelah Rizky Febian menduga adanya kematian tidak wajar yang dialami ibunya.

Rizky menyetorkan laporan tersebut pada Rabu (6/1). Sebelumnya, Tedy, suami Lina, mengatakan bahwa istrinya menderita sakit lambung dan pernafasan. Ia meyakini bahwa penyakit-penyakit itu menjadi penyebab utama dari wafatnya Lina. Sebelum disebut mengidap penyakit lambung dan pernafasan, Lina lebih dulu dikabarkan terkena serangan jantung.

Lina meninggal dini hari sekitar pukul 04.00 WIB. Setelah itu, siang harinya, ia langsung dimakamkan di pemakaman keluarga Tedy di daerah Sekelimus, Kota Bandung.

Ternyata, di sisi lain, alasan kematian tidak dipercaya sepenuhnya oleh Rizky Febian. Setelah menyetor laporan pada kepolisian, aparat langsung mewawancarai sederet saksi—yang kebanyakan masih kalangan keluarga—dan meminta rekaman CCTV pada Tedy.

Tak cukup sampai di situ, polisi juga terpaksa mesti membongkar kembali makam Lina untuk mengotopsi. "Hasil otopsi ini tim akan dibawa tim forensik untuk dianalisa penyebab kematian dari almarhumah," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar, Komisaris Besar Saptono Erlangga Waskitoroso, kepada wartawan di lokasi pemakaman, Kamis (9/1).

Pembongkaran makam itu akhirnya tak berhenti sampai otopsi saja, melainkan juga keputusan pemindahan makam keluarga ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Nagrog, Ujungberung, Kota Bandung.

Berikut 10 fakta otopsi dan pemindahan jenazah Lina hari ini:

1. Dilaporkan pada Senin (6/1)

10 Fakta Autopsi dan Pemindahan Makam Lina Ibunda Rizky FebianRizky Febian menceritakan masa-masa terakhirnya dengan sang ibu (IDN Times/Azzis Z)

Penelusuran polisi terkait dengan laporan Rizky Febian dilakukan dalam tempo waktu cukup singkat. Rizky Febian memasukkan laporan pada Senin (6/1), dan pada Kamis (9/1) polisi telah mewawancarai sederet saksi, mengamankan barang bukti berupa rekaman CCTV dan ponsel mendian Lina, hingga melakukan otopsi.

2. Tedy sempat larang keluarga lihat jenazah Lina

10 Fakta Autopsi dan Pemindahan Makam Lina Ibunda Rizky Febian(Suami Lina Jubaedah, Tedy Pardiyana) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Pelaporan itu tak lepas dari sikap Tedy yang meminta pihak keluarga untuk melihat Lina setelah ditutupi kain kafan. Sikap tersebut belakangan melahirkan kecurigaan bagi keluarga atas penyebab wafatnya Lina.

3. Tidak ingin keluarga makin terpukul

10 Fakta Autopsi dan Pemindahan Makam Lina Ibunda Rizky FebianSuasana pemindahan jenazah Lina Jubaedah ke makam barunya di Ujungberung, Kota Bandung (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Di sisi lain, Tedy mengaku bermaksud baik dalam melaran keluarga melihat Lina sebelum dimasukkan ke liang lahat. Menurut Tedy, ia tak ingin keluarga mengalami kesedihan yang berlarut-larut dalam momentum wafatnya Lina. “Karena memang banyak yang enggak kuat melihat mukanya (mendiang Lina),” ujar Tedy, ketika ditemui wartawan di Sekelimus, Kota Bandung, Kamis (9/1).

4. Otopsi disepakati keluarga

10 Fakta Autopsi dan Pemindahan Makam Lina Ibunda Rizky Febian(IDN Times/Azzis Z.)

Proses otopsi merupakan langkah yang sering digunakan kepolisian dalam mencari kebenaran atas wafatnya seseorang. Hal tersebut telah diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana, yang mana merujuk pada permintaan tim penyidik. Keluarga Lina dari pihak Tedy memberi izin proses otopsi itu demi kelancaran pekerjaan kepolisian.

5. Keluarga Rizky Febian minta jenazah ibunya dipindahkan ke Cimahi

10 Fakta Autopsi dan Pemindahan Makam Lina Ibunda Rizky FebianRizky Febian mendatangi pembongkaran makam ibunya, Lina Jubaedah (IDN Times/Azzis Z)

Selain mengotopsi, muncul hal lain dari keluarga Rizky Febian agar pemakaman Lina dipindahkan dari Sekelimus, Kota Bandung. Pemakaman tersebut merupakan lahan pribadi keluarga besar Tedy. Rizky meminta agar jenazah Lina dipindahkan menuju Kota Cimahi.

6. Keluarga sepakat memindahkan Lina ke Ujungberung

10 Fakta Autopsi dan Pemindahan Makam Lina Ibunda Rizky FebianSuasana pemindahan jenazah Lina Jubaedah ke makam barunya di Ujungberung, Kota Bandung (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Tedy menolak permintaan itu, dan mengatakan bahwa pemakaman di Sekelimus sebetulnya sempat disepakati oleh Rizky. Sempat menjadi perdebatan, akhirnya kedua belah pihak memutuskan untuk memindahkan jenazah Lina ke TPU Nagrog, Ujungberung, Kota Bandung.

7. Suami berjanji kooperatif

10 Fakta Autopsi dan Pemindahan Makam Lina Ibunda Rizky FebianIDN Times/Azzis Zulkhairil

Selama proses hukum atas laporan kepolisian berjalan, Tedy berjanji akan bersikap kooperatif. Selain memberikan rekaman CCTV dan ponsel Lina, Tedy juga mengatakan bahwa ia siap ditemui kapan pun oleh polisi bila mana diperlukan. “Itu dibikin gonjang-ganjing, karena kalau saya ngomong selalu berdasarkan data dan fakta," tutur dia.

8. Rizky bilang pemindahan makam adalah amanah mendiang

10 Fakta Autopsi dan Pemindahan Makam Lina Ibunda Rizky FebianRizky Febian di makam Lina Jubaedah di Ujungberung, Kota Bandung (IDN Times/Bagus F)

Selama proses autopsi dan pemindahan makam, Rizky Febian lebih banyak menutup mulut. Di TPU Nagrog, ia sempat menyampaikan pesan pada para wartawan bahwa pemindahan lokasi pemakaman itu merupakan amanah daripada mendiang ibunya. “Yang terpenting akhirnya bisa melengkapi amanah mamah untuk minta dipindahkan,” tuturnya.

9. Tidak hanya Lina yang dimakamkan di sana

10 Fakta Autopsi dan Pemindahan Makam Lina Ibunda Rizky FebianRizky Febian di pemakaman Lina Jubaedah di Ujungberung, Kota Bandung (IDN Times/Bagus F)

TPU Nagrog bukanlah tempat pemakaman yang umum bagi warga Bandung, dan tidak sedikit tokoh asal Kota Bandung yang memakamkan sanak familinya di sana. Selain Lina, ayah Ariel Noah pun dimakamkan di sana pada 30 Maret 2016.

10. Suami berharap silaturahmi kedua keluarga makin erat

10 Fakta Autopsi dan Pemindahan Makam Lina Ibunda Rizky FebianRizky Febian di pemakaman Lina Jubaedah di Ujungberung, Kota Bandung (IDN Times/Bagus F)

Tedy berharap setelah Lina berpulang, keluarga besarnya dan keluarga besar Sule terus menjalin hubungan silaturahmi. Ia ingin berbagai persoalan ini dihadapi bersama.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya