Comscore Tracker

Terungkap! Setya Novanto Sudah Dipulangkan ke Lapas Sukamiskin

Setya Novanto berada di rutan Gunung Sindur selama 1 bulan

Bandung, IDN Times – Kasus pelesiran terpidana kasus mega korupsi KTP Elektronik, Setya Novanto memasuki babak baru. Setelah sempat dikira mantan Ketua DPR itu akan menghuni rutan Gunung Sindur, Bogor dalam jangka waktu yang akan lama, rupanya ia justru dipulangkan ke Lapas Sukamiskin lebih cepat. 

Hal tersebut dibenarkan Kepala Lapas Sukamiskin, Tejo Herwanto, ketika dihubungi IDN Times pada Selasa (16/7).

Setnov telah dikembalikan ke Lapas Sukamiskin pada Minggu, 14 Juli 2019, pukul 20.00 WIB. “Sudah dua hari di Sukamiskin, kami pantau dan memang Pak Setnov menunjukkan perubahan. Dia lebih mendalami agama saat ini, aktif juga di masjid,” kata Tejo.

Menurut Tejo, kembalinya Setnov ke Lapas Sukamiskin telah sesuai dengan aturan yang berlaku. Setnov, kata Tejo, telah di-assessment secara profesional hingga diterbitkannya surat keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM tentang pengembalian Setnov ke Lapas Sukamiskin.

Ada tiga pertimbangan yang tertuang dalam SK tersebut. Pertimbangan pertama, yakni Setnov dinyatakan boleh kembali ke Lapas Sukamiskin setelah memenuhi syarat administratif dan subsatantif.

Pertimbangan kedua, tak lain karena Setnov dinilai telah menunjukkan itikad baik. “Yang menilainya Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas Bogor. Dia mendapat informasi dari wakil permasyarakatan yang ada di Rutan Gunung Sindur, lalu ada juga informasi dari keluarganya (Setnov). Intinya dari semua informasi tersebut, baru bisa diputuskan saudara Setnov dikembalikan ke Lapas Sukamiskin,” ujar Tejo.

Ada pun pertimbangan terakhir ialah surat pernyataan kesanggupan Setnov untuk tidak mengulangi kesalahannya di kemudian hari.

Sebelumnya, Setya Novanto kepergok pelesiran ke toko bangunan mewah di Padalarang, Kabupaten Bandung, pada Jumat (14/6) malam, setelah ia dirawat beberapa hari di rumah sakit. Fotonya yang tengah pelesiran bersama sang istri tersebar viral di media sosial hari itu juga, hingga membuat Kakanwil Kemenkumham Jawa Barat, Liberti Sitinjak, bertindak.

Di malam yang sama, Setnov langsung dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Pemindahan itu dipandang sebagai hukuman yang pantas untuk kenakalan Setnov, karena Rutan Gunung Sindur dikenal memiliki pengawasan yang sangat ketat.

Baca Juga: Menkum HAM: Setnov Dipindah ke Rutan Gunung Sindur Agar Bertobat

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You