Suhu Dingin, Cuaca di Bandung Bisa Capai 13 Derajat Celsius!

Ada juga ancaman kebakaran saat puncak kemarau

Bandung, IDN Times – Sepekan terakhir, Bandung Raya diterpa suhu dingin. Lewat beberapa video viral yang beredar di YouTube sejak kemarin, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, misalnya, mengalami fenomena langka yakni embun yang membeku.

Peneliti Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jawa Barat, Muhammad Iid Mujtahiddin, tak heran dengan fenomena tersebut. Fenomena tersebut, kata dia, akan dialami Jawa Barat saban tahun terutama ketika memasuki puncak musim kemarau.

1. Suhu hingga 13 derajat

Suhu Dingin, Cuaca di Bandung Bisa Capai 13 Derajat Celsius!fitforwork.org

Menurut Iid, selama Juli 2019, suhu paling dingin yang melanda Bandung Raya terjadi pada Rabu, 17 Juli 2019. Di Kota Bandung saja, suhu bisa mencapai 15 derajat celcius.

“Di kawasan pegunungan seperti Lembang, suhu mencapai 13 derajat celcius, menurut pantauan alat pengukur suhu udara di Stasiun Geofisika Bandung,” kata Iid, ketika dihubungi pada Kamis (18/7).

Sama dengan kawasan Lembang yang berdiri di pegunungan utara Bandung Raya, Kecamatan Kertasari pun berada di kawasan pegunungan. Bedanya, Kecamatan Kertasari terdapat di jajaran pegunungan Bandung Raya Selatan.

Baca Juga: Puncak Kekeringan di Jabar Akan Terjadi pada Agustus

2. Puncak kemarau pada Agustus-September

Suhu Dingin, Cuaca di Bandung Bisa Capai 13 Derajat Celsius!ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Selama Juli 2019, masyarakat Bandung Raya mesti terbiasa dengan pakaian musim dingin. Pasalnya, menurut prediksi BMKG, puncak kemarau baru akan terjadi pada Agustus dan September 2019.

Periode musim kemarau di Jawa Barat sendiri terjadi sejak Juni 2019, masuk melalui wilayah utara Jawa Barat. “Dari Pantura lalu bergerak ke arah selatan,” ujarnya.

Saat memasuki puncak musim kemarau di wilayah Jawa Barat, angin akan berembus dari arah angin tenggara alias timuran. Tiupan angin itu berasal dari Benua Australia. Di Australia sendiri, bulan Juni, Juli, dan Agustus merupakan puncak musim dingin.

Baca Juga: Ini Penjelasan BMKG soal Suhu Udara Dingin Belakangan Ini

3. Masyarakat perlu jaga kesehatan

Suhu Dingin, Cuaca di Bandung Bisa Capai 13 Derajat Celsius!IDN Times/Dwi Agustiar

Masyarakat Jawa Barat, kata dia, mesti lebih ekstra dalam menjaga daya tahan tubuh dalam beberapa waktu ke depan. Cuaca dingin dipercaya masih akan terjadi hingga Agustus 2019. Menjaga tubuh dari serangan udara dingin bisa melalui beberapa cara.

“Misalnya, tak lupa menggunakan jaket selama berpergian, dan mengonsumsi buah serta sayuran,” kata dia.

4. Rawan kebakaran

Suhu Dingin, Cuaca di Bandung Bisa Capai 13 Derajat Celsius!(Ilustrasi) IDN Times/Sukma Shakti

Tak hanya itu, Iid pun meminta agar masyarakat Jawa Barat yang bermukim di dataran rendah agar selalu waspada selama puncak musim kemarau. Pasalnya, tak jarang kebakaran terjadi akibat gesekan alang-alang, rerumputan, dan ranting pohon yang mengering.

Dengan kondisi cuaca panas plus tingkat kelembapan yang rendah, membuat penguapan udara bertambah tinggi. Alhasil, banyak material di permukaan bumi mengering.

Baca Juga: Siapkan Pakaian Hangat, Bandung Akan Dilanda Suhu Dingin hingga 16 C°

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You