Comscore Tracker

Diguyur Hujan, Massa Pendukung Jokowi Bubar

Jokowi di dalam mobil melambai seraya meninggalkan massanya

Garut, IDN Times - Pada Jumat (18/1), masyarakat Garut sudah berkumpul di sekitar Pasantren Darul Arqam, Jalan Garut-Tasikmalaya, Kabupaten Garut, sejak pukul 14.00 WIB. Mereka rela menunggu berjam-jam hanya untuk bertemu Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang akhirnya baru datang pukul 15.36 WIB.

Namun, sebagian besar dari mereka bukan masyarakat umum, melainkan pendukung Jokowi sebagai Calon Presiden Indonesia bersama Maaruf Amin dengan nomor urut 01.

1. Jokowi datang, gerbang pasantren ditutup

Diguyur Hujan, Massa Pendukung Jokowi BubarIDN Times/Galih Persiana

Ketika Jokowi datang dengan mobil RI1, ia membuka kaca mobil dan menyambut para pendukungnya yang berjejer di pinggir jalan. Dari luar, terlihat Jokowi duduk bersampingan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Setelah rombongan Jokowi masuk ke dalam area pasantren, barulah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, turun dari mobil dan menyusulnya masuk ke area pesantren.

Setelah seluruh rombongan pejabat masuk, petugas keamanan termasuk Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) langsung menutup gerbang. Tak ada masyarakat yang berani mendekat. Mereka hanya menunggu di depan gerbang.

2. Massa berteduh agar tak kehujanan

Diguyur Hujan, Massa Pendukung Jokowi BubarANTARA FOTO/Adeng Bustomi/pras.

Masih setia menunggu di gerbang, hujan turun pukul 15.47. Massa pun bubar tak karuan, mencari perlindungan agar tak diguyur hujan.

Akhir-akhir ini Jawa Barat memang tengah rutin diguyur hujan. Biasanya, kata warga sekitar, hujan akan turun di atas pukul 12.00.

3. Jokowi pergi tanpa membuka jendela lebar-lebar

Diguyur Hujan, Massa Pendukung Jokowi BubarIDN Times/Galih Persiana

Belum lama massa berteduh, sirine mobil pengawal Jokowi terdengar. Massa pun kemudian berhamburan, sebagian rela kehujanan, sebagian lainnya sudah menyiapkan payung.

Jokowi pun melintas di hadapan massanya. Namun, kali ini ia tak membuka penuh kaca jendelanya. Dia hanya melambaikan tangan pada masyarakat yang berkumpul di sana.

4. Massa di Jalan Garut-Tasikmalaya tidak begitu ramai

Diguyur Hujan, Massa Pendukung Jokowi BubarIDN Times/Galih Persiana

Keriuhan maasa di sekitar Pesantren Darul Aqwam terlihat berbeda dengan respons masyarakat di daerah Leles, Garut. Lalu lintas pun terbilang lancar karena tidak ada kemacetan panjang di sana.

Sebelum mengunjungi Pesantren Darul Aqwam, Jokowi lebih dulu melintasi daerah Leles. Di sana, ia disambut ratusan masyarakat dan siswa sekolah dasar dan menengah, yang membawa bendera merah putih.

5. Jokowi menutup agendanya dengan dialog ulama

Diguyur Hujan, Massa Pendukung Jokowi BubarANTARA FOTO/Adeng Bustomi/pras.

Agenda Jokowi hari ini ditutup dengan dialog bersama para ulama Garut di Hotel Santika, Garut. Sementara besok, sejak pukul 08.30, Jokowi sudah berada di Cihuni, Garut, untuk acara penanaman padi BUMN.

Selain acara penanaman padi, Jokowi masih punya tiga agenda lainnya. Salah satunya, yang melibatkan massa banyak, ialah acara Kemendes di Gedung Olahraga Garut. Acara tersebut rencananya akan dihadiri 3.000 orang.

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You