Comscore Tracker

Kejiwaan 3 Bos Sunda Empire Bakal Diperiksa, Halu Tingkat Tinggi

Polisi akan melihat apakah kejiwaan mereka bermasalah?

Bandung, IDN Times - Kekaisaran Sunda alias Sunda Empire akhirnya runtuh di tangan polisi. Tiga petingginya ditangkap dan menjadi tersangka kasus dugaan membuat onar dan menyebarkan kabar bohong kepada publik. Tak hanya menetapkan sebagai tersangka, Direktorat Kriminal Umum Polda Jabar juga akan memeriksa kejiwaan mereka.

Tiga tersangka itu ialah Nasri Bank (Perdana Menteri Sunda Empire), Ki ageng Rangga Sasana (Sekretaris Jenderal Sunda Empire), dan Raden Ratna Ningrum (Kaisar Sunda Empire). Polisi memastikan bahwa nama pertama dan terakhir merupakan pasangan suami istri.

1. Tes kejiwaan untuk mendalami ideologi Sunda Empire

Kejiwaan 3 Bos Sunda Empire Bakal Diperiksa, Halu Tingkat Tinggi(Tangkap layar Gideon Sihombing) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Pemeriksaan kejiwaan itu dilakukan guna lebih mendalami ideologi Sunda Empire yang ramai diperbincangkan publik akhir-akhir ini. Dalam pendalaman itu polisi berharap dapat mengungkap tabir narasi sejarah yang diklaim oleh para petinggi Sunda Empire.

"Rencana memang ada (pemeriksaan kejiwaan)," kata Direktur Kriminal Khusus Polda Jabar, Komisaris Besar Hendra Suhartiyono, saat dihubungi pada Rabu (29/1).

2. Dianggap menyesatkan dan bikin onar

Kejiwaan 3 Bos Sunda Empire Bakal Diperiksa, Halu Tingkat TinggiSekjen Sunda Empire Rangga Sasana (YouTube/Indonesia Lawyers Club)

Sejauh ini, polisi telah mendalami fenomena hadirnya Sunda Empire dari berbagai sisi. Misalnya dengan mendatangkan ahli sejarah untuk menilai narasi sejarah yang sering diklaim para petinggi Sunda Empire.

Dari berbagai pendalaman itu, polisi kemudian menyimpulkan bahwa apa yang dilakukan Sunda Empire telah memenuhi unsur pidana. Merujuk Pasal 14 dan atau 15 UU RI nomor 1 1946 dengan ancaman 10 tahun penjara, Sunda Empire dianggap telah menyebarkan berita bohong dan bikin onar.

Baca Juga: Bawa Nama PBB dan NATO, Hukuman Petinggi Sunda Empire Semakin Berat

3. Peluang penambahan hukuman

Kejiwaan 3 Bos Sunda Empire Bakal Diperiksa, Halu Tingkat Tinggi(Tangkapan Layar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Sebelumnya, polisi juga tengah menggodok beberapa barang bukti guna memperkarakan para pimpinan Sunda Empire dengan pasal 218 dan 219 KUHP. Pasal tersebut mengatur pelarangan bagi seseorang menggunakan atribut sebuah lembaga.

Menurut Hendra, beberapa kali para pimpinan Sunda Empire menggunakan logo PBB, NATO, dan instansi internasional lainnya. "Juga tentang baret (berwarna) biru. Itu juga kami tanyakan (maksudnya, kepada para pimpinan Sunda Empire).

Baca Juga: Jadi Tersangka, Rangga Tetap Buka Pendaftaran Ulang Negara Sunda Empire

4. Menghentikan peredaran paham Sunda Empire

Kejiwaan 3 Bos Sunda Empire Bakal Diperiksa, Halu Tingkat Tinggi(Ki Ageng Rangga Sasana di Polda Jabar, Selasa (28/1)) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Tak hanya itu, menurut pengakuan para tersangka, Sunda Empire juga telah memiliki cabang di Lampung dan Aceh. Atas keterangan itu, Polda Jabar sudah melanjutkan penanganan guna menghentikan penyebaran paham Sunda Empire di dua lokasi tersebut.

"Namanya masih sama, Sunda Empire. Bahkan atributnya juga sama," ujarnya.

Baca Juga: Begini Alasan Polda Jabar Jadikan Tiga Petinggi Sunda Empire Tersangka

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya