IMS 2020: Ide Tri Mumpuni Ini Tak Direalisasikan Jokowi

Tri Mumpuni berbicara tentang kapal induk di #IMS2020

Jakarta, IDN Times – Nama Tri Mumpuni sepertinya sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Lewat berbagai gerakannya di bidang kelistrikan, Puni, sapaan akrabnya, selalu memiliki ide menarik demi menerangi daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Salah satunya adalah ketika Puni memberi ide pada Presiden Joko “Jokowi” Widodo di lima tahun pertamanya. Usul tersebut, kata dia, sederhana tapi aneh.

“Saya punya usul waktu awal Pak Jokowi menjabat. Kita ingin punya kapal induk yang ditaruh di Indonesia timur. Kemudian, rakyat yang ada di pulau-pulau terpencil di sana itu, cukup menanam tanaman kecil dan dikirimkan ke kapal induk tersebut,” kata Puni, ketika menjadi salah satu pembicara dalam Indonesia Millennial Summit 2020 by IDN Times, dengan tema Energi 4.0 Designing The Future of Indonesia’s Power Sector.

Puni melanjutkan, nantinya tanaman yang sudah diangkut kapal induk tersebut, diolah menjadi bio fuel (bahan bakar hayati) yang merupakan salah satu opsi energi terbarukan.

"Tapi, semuanya (ide itu) batal karena adanya reshuffle menteri," kata Puni berkelakar.

Saat ini, Puni berharap para pemimpin bangsa mau mendalami inovasi dan berbagai hal terkait bahan bakar hayati. Alasannya, Indonesia memiliki sumber bahan bakar hayati yang melimpah.

"Kita sebenarnya bisa menjadi timur tengahnya bio fuel," ujar dia.

Bahan bakar hayati merupakan salah satu opsi untuk menyelamatkan sumber energi listrik konservatif yang semakin hari semakin menipis jumlahnya. Puni, yang dikenal sebagai salah satu "pejuang listrik" Indonesia, telah melakukan segala upaya untuk melahirkan sumber energi terbarukan.

Salah satunya ialah dengan memulai program bernama Patriot Energi yang digagas perusahaannya, IBEKA. "Lewat program itu anak-anak millennial kita luar biasa. Saya bangga, karena mereka punya visi membangun negeri. Bayangkan, ada 3.600 yang daftar di mana kami saring kembali jadi 79 orang," kata dia.

Lewat program itu, para peserta dilatih selama 30 hari kerja untuk menguasai sisi teknis, perjuangan, kerakyatan, dan keihklasan.

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2020. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung pada 17-18 Janari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, mulai dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan, sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh lebih dari 5.000 pemimpin millennial. Dalam IMS 2020, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia.

Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times.

https://www.youtube.com/embed/a5PUopi6Jm0

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya