Maestro Lukis Jeihan Sukmantoro Meninggal Dunia di Studionya

Ia meninggal pada usia 81 tahun.

Bandung, IDN Times - Kabar duka menyelimuti Indonesia. Maestro seni lukis Jeihan Sukmantoro meninggal dunia di usia 81 tahun setelah perawatan medis secara intens dalam beberapa pekan terakhir. Ia meninggal sekitar pukul 18.15 WIB, Jumat (29/11).

Almarhum Jeihan pada bulan Juli 2019 dirawat di Rumah Sakit Borromeous akibat kelenjar getah bening, tumor paru-paru, dan gangguan ginjal. Sulung daripada Jeihan, Atasi Amin, menjelaskan bahwa bapaknya memang telah lama menderita penyakit, khususnya kelenjar getah bening.

Sejak 2007, Jeihan memang mengidap gangguan pada ginjalnya. Tak hanya itu, pada Desember 2018, sang maestro pun dipastikan mengidap kanker kelenjar getah bening pada lehernya.

Sebenarnya, Jeihan sudah gonta-ganti rumah sakit demi menyembuhkan penyakit-penyakitnya itu. Awalnya sekitar permulaan 2019, Jeihan dan keluarga memilih salah satu rumah sakit di Singapura yang dianggap memiliki teknologi paling modern guna menyembuhkan kanker. Namun, belakangan ia pindah menuju salah satu rumah sakit di Selangor, Malaysia, karena dinilai punya teknologi yang lebih mutakhir.

Jeihan terakhir kali berada di RS Boromeous pada Selasa (26/11). "Beliau akhirnya meminta pulang ke studio dan kami akhirnya pulang hari Rabu. Memang daei sebulan terakhir almarhum ingin terus di studio," kata Atasi, yang menjadi pengurus Studio Jeihan di Jalan Padasuka, Kota Bandung, Jumat (29/11).

Selama berada di studio, Jeihan terus mendapatkan perawatan dari dokter dan perawat.

Rencananya, Jeihan akan dimakamkam esok hari di sebuah pendopo tak jauh dari rumahnya. Pihak keluarga tengah menunggu sanak famili lain yang tengah berada dalam perjalanan dari Singapura.

Jeihan berpulang dengan meninggalkan enam anak, empat laki-laki dan dua perempuan, juga sebelas cucu. Pemakaman sang maestro dikabarkan akan dihadiri oleh para seniman senior di Indonesia.

Maestro Lukis Jeihan Sukmantoro Meninggal Dunia di StudionyaIDN Times/Galih Persiana

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya