Comscore Tracker

Ini Strategi Aher Menangkan Prabowo-Sandi di Jawa Barat

Aher kini sibuk membantu istri jadi caleg

Bandung, IDN Times - Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, atau yang lebih dikenal Aher, blak-blakkan soal strateginya memenangkam pasangan Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, dalam Pilpres 2019 di daerah kekuasaanya.S

Sebagai kader senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aher tentu berharap Prabowo-Sandiaga memenangi kontestasi lima tahunan tersebut. Dia menyebutkan ada tiga cara yang ia gunakan untuk memenangkan Prabowo-Sandi di Jawa Barat.

Apa saja strategi tersebut?

1. Mengajak semua pihak berkampanye dengan baik.

Ini Strategi Aher Menangkan Prabowo-Sandi di Jawa BaratIDN Times/Yogi Pasha

Aher mengatakan langkah pertamaadalah mengajak semua pihak untuk berkampanye dengan baik.

"Selain itu, dengan berkampanye baik, kita bersama-sama menjaga persatuan dan kerukunan juga kebersamaan. Ya, strateginya mudah-mudahan saja bisa mengokohkan yang sudah memilih kami," kata dia usai menjadi saksi sidang kasus suap Meikarta di Pengadilan Negeri Bandung, Jalan LLRE Martadinata Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (20/3).

Baca Juga: Hasil Survei Litbang Kompas, Persaingan Jokowi Vs Prabowo Makin Ketat

2. Memengaruhi dan memberi pemahaman kepada calon pemilih yang belum memilih Prabowo-Sandi

Ini Strategi Aher Menangkan Prabowo-Sandi di Jawa BaratIDN Times/Irfan Fathurohman

Strategi kedua, kata Aher, mengajak calon pemilih yang belum memilih melalui berbagai program yang ditawarkan pasangan Prabowo-Sandi. Jika langkah kedua berhasil, barulah masuk ke strategi ketiga.

"Strategi ketiga adalah memberi pemahaman juga mengajak (untuk ikut berpartisipasi) lebih jauh kepada yang belum memilih Prabowo-Sandi," ujar dia.

3. Aher tak turun langsung berkampanye ke lapangan

Ini Strategi Aher Menangkan Prabowo-Sandi di Jawa BaratIDN Times/Galih Persiana

Aher juga mengaku tak turun langsung ke lapangan untuk mengampanyekan Prabowo-Sandiaga. Alasannya, memobilisasi Provinsi Jawa Barat saat ini adalah hal yang sulit.

"Terbatas banget. Kemampuan saya untuk keliling Jabar, berapa lama sih? Mudah-mudahan oleh media bisa disampaikan," kata dia.

4. Aher sibuk mengantar istri yang menjadi caleg

Ini Strategi Aher Menangkan Prabowo-Sandi di Jawa BaratInstagram/@aheryawan

Terbatasnya mobilitas Aher saat ini tak lepas dari kepentingan istrinya, Netty Heryawan, yang tengah menyalonkan diri sebagai anggota legislatif dari PKS untuk daerah pemilihan (dapil) Cirebon dan Indramayu.

"Saya antar-antar ibu saja. Kalau ibu sepuluh tahun mendampingi saya, sekarang sudah saatnya suami mendampingi istrinya," kata dia.

Maka itu, empat hari dalam sepekan waktu Aher dihabiskan di dapil. "Kalau gak dibantu kan kasihan banget, ibu-ibu kan," ujar dia.

5. Cirebon dan Indramayu daerah sulit bagi PKS

Ini Strategi Aher Menangkan Prabowo-Sandi di Jawa BaratANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Elektabilitas PKS di Cirebon dan Indramayu memang tak sebesar kota lain di Jawa Barat seperti Bandung dan Bogor. Namun, ketenaran Aher dan istrinya di Jawa Barat dapat menjadi modal untuk mengantarkan Netty ke kursi DPRD.

"Saya dan ibu punya tapak silaturahim yang panjang selama sepuluh tahun, sehingga untuk menggaet masyarakt memilih ibu di Pileg yang akan datang, ya tampaknya tidak sulit-sulit banget," ujar dia.

Baca Juga: Rivalitas Jokowi-Maruf Vs Prabowo-Sandi Disebut Ibarat Sepak Bola

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya