Siapa Wanita yang Dampingi Setya Novanto Pelesiran di Toko Bangunan

Perempuan yang sama dampingi Setnov di RS Santosa

Bandung, IDN Times - Narapidana kasus korupsi e-KTP sekaligus mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto, kepergok pelesiran di Padalarang pada Jumat (14/6). Hari itu, semestinya Setnov, sapaan akrab Setya, sudah berada di penjara Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, setelah dirawat tiga hari di Rumah Sakit Santosa, Kota Bandung, sejak Rabu (12/6).

Aksi Setnov kepergok setelah foto amatirnya yang tengah berada di toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, beredar viral di media sosial. Dalam foto tersebut, Setnov menggunakan kemeja lengan pendek, dengan kepala ditutupi topi hitam dan wajah yang yang tertutup masker. Tak hanya itu, dalam gambar tersebut pun ia tampak tengah berbincang dengan seorang perempuan berjilbab.

Tak perlu waktu lama bagi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM untuk mencari kebenaran dari foto viral itu. Setelah Kepergok, Setnov kemudian dihukum dengan dipindah-Lapas-kan ke Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor malam itu juga. Proses penyidikan atas kasusnya akan dilakukan selama Setnov berada di Gunung Sindur.

1. Perempuan dalam foto adalah istrinya

Siapa Wanita yang Dampingi Setya Novanto Pelesiran di Toko BangunanANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan

Kepala Divisi Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jabar, Abdul Aris, mengatakan kalau perempuan yang menemani Setnov dalam foto tersebut adalah istrinya sendiri, Deisti Astriani Tagor. "Dalam foto itu, (perempuan) itu istrinya," kata Abdul, saat dihubungi IDN Times, Sabtu (15/6).

Aris meyakini bahwa perempuan itu adalah Deisti, karena pernah bertemu dengan keluarga Setnov.

2. Setnov dirawat ditemani keluarganya

Siapa Wanita yang Dampingi Setya Novanto Pelesiran di Toko BangunanIDN Times/Istimewa

Salah satu pertemuan antara Kemenkumham dan keluarga Setnov terjadi waktu Kepala Kanwil Kemenkumham Jabar dan Abdul menjenguk Setnov di RS Santosa dengan maksud mengecek kebenaran izin rawat inap. Kala itu, kata Aris, ia menemui Setnov tengah berbaring dan ditemani oleh keluarganya, salah satunya Deisti.

"Keluarga (Setnov) ikut menunggu di sana," ujarnya.

3. Pendalaman kasus Novanto dilakukan di Gunung Sindur

Siapa Wanita yang Dampingi Setya Novanto Pelesiran di Toko BangunanIDN Times/Galih Persiana

Meski telah mendapatkan hukuman pemindahan, bukan berarti Kemenkumham tak memproses Setnov dengan adil. Kemenkumham, kata kepala Kanwil Jabar Liberti Sitinjak, akan memeriksa lebih dalam kasus pelesiran itu sesampainya Setnov di Gunung Sindur.

"(Saya harap) Selasa atau Rabu (pekan depan) sudah selesai pemeriksaan, sehingga kami bisa tahu di mana benang merahnya,” tutur Liberti.

Dibenarkannya peristiwa pelesiran Setnov tentu bikin heboh. Bagaimana tidak, Lapas Sukamiskin seakan terus diwarnai kabar memberikan kemanjaan pada para warga binaannya.

Sebelum kabar tentang minggatnya Setnov malam ini, beberapa bulan lalu, eks Kalapas Sukamiskin, Wahid Hasyim, divonis hukuman penjara oleh Pengadilan Negeri Bandung karena terbukti memberikan hak istimewa pada salah satu narapidana, Fahmi Darmawansyah. Rentetan peristiwa tersebut, dapat menurunkan kepercayaan masyarakat pada Lapas Sukamiskin sebagai penjara para koruptor.

"Atas nama Kemenkum HAM, saya mohon maaf kepada publik, bahwa apa yang terjadi hari ini adalah murni kesalahan kami dan sebagai konsekuensi dari kelalaian, pemeriksaan sedang kami lakukan," tuturnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya