Comscore Tracker

Sidang Bahar bin Smith, Massa FPI Ancam Geruduk Pengadilan Bandung

Ratusan massa itu berasal dari Jawa Barat dan DKI Jakarta

Bandung, IDN Times – Sidang perdana kasus penganiayaan dua remaja dengan tersangka Bahar Bin Smith alias Habib Bahar, akan digelar di Pengadilan Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (28/2). Persidangan tersebut menuai protes Front Pembela Islam (FPI), karena beberapa alasan.
 
Hari ini, FPI telah berembuk membicarakan aksi yang akan mereka lakukan di sidang perdana Bahar. Bagaimana kesiapan mereka?

1. Aksi libatkan lebih dari 100 massa FPI

Sidang Bahar bin Smith, Massa FPI Ancam Geruduk Pengadilan BandungIlustrasi. IDN Times/Irfan Fathurohman

Kuasa hukum Bahar yang juga bagian dari FPI, Azis Januar, mengatakan jika hari ini FPI telah membahas soal aksi yang akan mereka lakukan di sidan perdana Bahar. Massa akan berkumpul di depan PN sebelum sidang dimulai pukul 10.00.
 
“Akan ada aksi mendukung Habib Bahar. Saya belum tahu pasti jumlahnya, yang pasti lebih dari seratus orang,” tutur Azis, kepada IDN Times lewat sambungan Whatsapp, Jumat (22/2).
 
Menurut Azis, massa FPI yang akan datang berasal dari seluruh pelosok Jawa Barat dan DKI Jakarta.

2. Mengapa massa perlu mendukung Bahar?

Sidang Bahar bin Smith, Massa FPI Ancam Geruduk Pengadilan BandungIDN Times/Irfan Fathurohman

FPI memandang banyak kejanggalan dalam kasus Bahar, mulai dari proses penunjukkan lokasi sidang hingga penunjukkan hakim kepala. FPI mulanya berharap persidangan digelar di Pengadilan Cibinong karena beberapa alasan, di antaranya dekat dengan keluarga Bahar.
 
Namun, Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibinong menolaknya karena khawatir adanya gejolak massa. Maka itu, mereka meminta Mahkamah Agung memindahkan lokasi persidangan ke Pengadilan Negeri Bandung. Permintaan itu pun diterima.
 
Tak hanya itu, tak main-main persidangan Bahar akan dipimpin langsung oleh Ketua PN Bandung, Edison M. Tak heran jika FPI menduga bahwa banyak intervensi pihak luar terhadap persidangan Bahar.
 
“Kami melihat bahwa memang ini aroma dari tekanan dan pesanan penguasa sangat tercium. Di sini terlihat jelas bahwa ada arah-arah tertentu dari yang berkepetingan,” ujarnya.

3. Mengajukan keberatan di sidang perdana

Sidang Bahar bin Smith, Massa FPI Ancam Geruduk Pengadilan BandungIDN Times/Galih Persiana

Dengan demikian, tim kuasa hukum Bahar telah berencana mengajukan keberatan di persidangan perdana kliennya. Karena alasan jarak, persidangan di Bandung merpotkan kuasa hukum Bahar yang sebagian besar berasal dari Jakarta.
 
“Rencana kami akan eksepsi nanti, meski kami masih bahas. (Lokasi sidang) itu bisa kami permasalahkan, karena apa wewenang PN Bandung untuk memeriksa dan mengadili, sementara lokasi perkara ada di Bogor? Itu akan disampaikan di persidangan perdana,” ujarnya.

Baca Juga: Bahar Bin Smith Tolak Persidangan di Bandung 

4. Mengimbau massa agar kondusif

Sidang Bahar bin Smith, Massa FPI Ancam Geruduk Pengadilan BandungIDN Times/Irfan Fathurohman

Kemarin, Kamis (21/2), Edison tak menolak jika massa akan menunjukkan bentuk dukungannya selama sidang kasus Bahar digelar. Namun, ia berharap massa menghargai kenyamanan dan kelancaran selama sidang berlangsung.
 
“Kami tentu telah berkoordinasi dengan teman-teman petugas keamanan, di mana persidangan sendiri harus berjalan sebagaiamana biasanya sesuai dengan hukum acara. Sebenarnya tak ada masalah, karaena persidangan terbuka untuk umum,” ujar dia.

5. Jika aksi massa mengganggu, hakim akan pindahkan ruangan sidang Bahar

Sidang Bahar bin Smith, Massa FPI Ancam Geruduk Pengadilan BandungIlustrasi hukum (Pixabay)

Meski demikian, Edison tetap akan melihat situasi jalannya sidang menimbang massa pendukung Bahar yang akan datang. Tak hanya itu, Edison khawatir kehadiran persidangan Bahar akan memengaruhi kondusifitas hingga dapat mengganggu persidangan lainnya di PN Bandung.
 
“Begini, jadwal yang kami tentukan itu persidangannya ada banyak. Jadi, kalau memang ruang-ruang yang lain terganggu persidangannya dan sebagainya, ada kemunkinan untuk kami pindahkan ke ruang lain. Kalau misalnya persidangan tetap lancar, ya kami tetapkan terus di sini,” ujarnya.
 
Disidangkannya Bahar di Bandung, praktis menambah deretan kasus yang melibatkan nama tenar yang ditangani PN Bandung. Misalnya, saat ini di PN Bandung tengah digelar sidang kasus suap Kepala Lapas Sukamiskin dan kasus suap Meikarta terhadap Pemerintah Kabupaten Bekasi.
 
Baik kasus Lapas Sukamiskin dan Meikarta, sama-sama rutin digelar pada Senin dan Kamis.

Baca Juga: Persidangan Bahar Bin Smith Segera Digelar di PN Bandung

Topic:

  • Anata Siregar

JADWAL SALAT & IMSAK

19
MEI
2019
14 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

18.59

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 19 May 2019 14:00:05

Progress: 730.417 dari 813.350 TPS (89.80353%)

Just For You