Comscore Tracker

Viral Aparat Pukuli Warga Tamansari, Polisi akan Dalami Videonya

Polisi mengamankan 25 orang pelempar batu.

Bandung, IDN Times – Dunia media sosial khususnya di Kota Bandung ramai dengan beredarnya video pemukulan terhadap warga yang dilakukan oleh anggota kepolisian.

Peristiwa tersebut terjadi ketika aparat membantu Pemerintah Kota Bandung dalam proses pengamanan aset daerah di kawasan Tamansari yang telah lama diduduki warga.

Selain menangkap peristiwa pemukulan terhadap masyaraka, yang diduga demonstran, polisi juga terekam tengah menghalang-halangi wartawan dalam menunaikan tugas jurnalistiknya. Padahal, sejatinya, sesuai dengan aturan perundang-undangan, wartawan berhak meliput tanpa dihalang-halangi aparat.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Polisi Resor Kota Besar Bandung, Komisaris Besar Irman Sugema mengatakan jika kepolisian masih mendalami rekaman amatir itu.

“Menyangkut itu, kami masih mendalami visualisasinya,” kata Irman, kepada wartawan di Markas Polrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Jumat (13/12).

1. Berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat

Viral Aparat Pukuli Warga Tamansari, Polisi akan Dalami VideonyaIDN Times/Azzis Zulkhairil

Tak hanya itu, Irman juga memastikan bahwa Polrestabes Bandung akan segera menjalin komunikasi dengan tim siber Polisi Daerah Jawa Barat untuk mendapat detail dari rekaman amatir itu.

“Kami segera berkoordinasi dengan tim siber Polda Jawa Barat,” tuturnya.

Baca Juga: Warga Tamansari yang Kontra Penggusuran Tantang Bertemu Walkot Bandung

2. Polisi amankan 25 orang

Viral Aparat Pukuli Warga Tamansari, Polisi akan Dalami VideonyaSatpol PP Kota Bandung tengah mengeksekusi lahan warga Tamansari. (IDN Times/Galih Persiana)

Dalam penyitaan lahan yang dilakukan di kawasan Tamansari, Kota Bandung, aparat yang terdiri dari Polisi, TNI, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sempat terlibat kericuhan dengan warga sekitar yang dibantu kelompok remaja berpakaian hitam-hitam. Bahkan, polisi sempat memberi tindakan tegas dengan menembakkan gas air mata dalam percekcokan itu.

Dari peristiwa itu juga, polisi memastikan bahwa mereka telah mengamankan 25 orang warga. Semua yang ditangkap diduga telah melawan aparat, salah satunya dengan melempari batu.

"Mereka dari awal sudah ada pemberitahuan, bahwa Satpol PP sudah ada somasi pemberitahuan akan melakukan penertiban. Namun ada sekelompok orang melakukan pelemparan kepada petugas batu dan teman media lihat mereka melakukan tidak ada alasan jelas," ujar dia.

3. Diduga ada yang mengonsumsi narkoba

Viral Aparat Pukuli Warga Tamansari, Polisi akan Dalami VideonyaPenggusuran warga Tamansari, Kota Bandung, pada Kamis (12/12). IDN Times/Debbie Sutrisno

Namun, kata Irman, Polrestabes Bandung hanya memeriksa lebih dalam lima di antara 25 orang, karena beberapa alasan.

Dari lima orang yang diamankan, dua di antaranya bahkan diperiksa karena terindikasi mengonsumsi narkoba setelah polisi melakukan tes urine. Meski demikian, polisi belum mengumumkan berapa banyak narkoba yang dikonsumsi oleh dua orang tersebut.

Kemudian tiga orang lainnya diperiksa Satreskrim karena mereka membawa senjata tajam. Hal itu diketahui saat mereka diamankan dan dilakukan penggeledahan.

Baca artikel menarik lainnya dengan mengunduh IDN Times App, di sini.

Baca Juga: Gusur Warga Tamansari, Wali Kota Bandung Janjikan Beri Rumah Kontrakan

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You