Comscore Tracker

Lukisan Berharga Picasso yang Pernah Dicuri Ditemukan di Rumania

Dicuri dari museum di Belanda

Rumania, IDN Times - Peneliti sedang memeriksa sebuah karya seni untuk menentukan keaslian karya Picasso yang telah dicuri dari sebuah museum Belanda pada tahun 2012. Lukisan itu adalah Tete d’Arlequin karya Picasso (Harlequin's Head) yang dicuri enam tahun lalu bersama dengan tujuh karya seni berharga dari galeri Kunsthal di Rotterdam.

1. Ditemukan oleh seorang penulis melalui petunjuk rahasia

Lukisan Berharga Picasso yang Pernah Dicuri Ditemukan di Rumaniayoutube.com

Jaksa Rumania di Bucharest pada hari Minggu kemarin (18/11/18) mengatakan bahwa pihak berwenang sedang memeriksa sebuah lukisan yang seorang novelis katakan, dia temukan di bawah pohon setelah menerima petunjuk.

Penulis asal Rumania, Mira Feticu, yang tinggal di Belanda dan menulis sebuah buku tentang perampokan seni yang spektakuler, mengatakan dia menemukan gambar itu setelah menerima petunjuk rahasia. Feticu mengatakan kepada media bahwa dia menemukan lukisan itu terkubur di bawah batu di wilayah timur Rumania, Tulcea, dan menyerahkannya ke kedutaan Belanda di Bucharest.

Apakah lukisan itu benar-benar karya asli Picasso 1977 Tete d'Arlequin, yang dicuri dari Kunsthal Rotterdam, belum dapat dikonfirmasi. Seorang mantan kurator koleksi telah menyatakan keraguan atas keasliannya di televisi Belanda, dia percaya bahwa itu hanyalah salinannya.

2. Pencurian hanya berlangsung tiga menit

Lukisan Berharga Picasso yang Pernah Dicuri Ditemukan di Rumanianpr.org

Empat orang Rumania dihukum karena mencuri Tete d’Arlequin dan lukisan-lukisan lainnya pada tahun 2013. Salah satu pencuri, Olga Dogaru, mengatakan dia telah membakar lukisan-lukisan di tungku untuk melindungi putranya, yang diduga sebagai pemimpin perampokan tahun 2012. Dia kemudian mencabut pernyataannya.

Perampokan 2012 berlangsung hanya tiga menit, dan diberi label "pencurian abad ini" oleh media Belanda. Ketika orang banyak berkeliaran di sekitar museum Rotterdam, pintu keluar darurat terbuka dan tiga orang bergegas masuk. Mereka mencuri tujuh lukisan karya Picasso, Monet, Matisse, Gauguin, dan Lucian Freud dari dinding. Karya-karya seni terebut diperkirakan pada saat itu bernilai hingga 200 juta Euro dan sedang dipinjamkan ke museum.

Rekaman kamera keamanan menunjukkan geng tersebut masuk melalui pintu belakang museum dan kemudian menghilang dari pandangan. Beberapa detik kemudian, mereka muncul kembali membawa benda-benda besar.

3.Para pencuri telah ditangkap pada tahun 2014, namun karya seninya belum ditemukan

Lukisan Berharga Picasso yang Pernah Dicuri Ditemukan di Rumanianpr.org

Empat warga Rumania dipenjara karena pencurian pada tahun 2014, dan diperintahkan untuk membayar 18 juta Euro kepada perusahaan asuransi lukisan. Sementara geng pencuri ditangkap pada tahun 2013, tidak ada satu pun dari benda-benda seni itu ditemukan, dan pihak berwenang Rumania percaya bahwa setidaknya tiga dari karya seni tersebut telah dibakar dalam upaya untuk menghancurkan bukti.

Lukisan lainnya yang dicuri tersebut adalah Matisse’s La Liseuse en Blanc et Jaune, Monet’s Waterloo Bridge, London and Charing Cross Bridge, London, Gauguin’s Femme Devant une Fenêtre Ouverte, Meijer De Haan’s Autoportrait and Lucian Freud’s Woman with Eyes Closed.

Baca Juga: Uniknya Lukisan Kim Noble, Seniman Kepribadian Ganda yang Kreatif

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya