1.790 Pemohon akan Huni Rumah DP 0 Rupiah Klapa Village

Pemilik rumah akan memperoleh Sertifikat Hak Milik loh!

Jakarta, IDN Times - Kepala UPT Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera, Dzikran Kurniawan mengatakan bahwa ada 1.790 pemohon yang lolos verifikasi untuk menghuni Klapa Village, Jakarta Timur dengan program DP 0 Rupiah. Nantinya para pemohon akan dibagi dalam dua kelompok prioritas berbeda.

“Sebanyak 1.790 orang yang lolos dibagi dalam dua kategori prioritas, yaitu prioritas pertama 899 pendaftar dan prioritas kedua 891 pendaftar. Prioritas pertama adalah mereka yang telah menikah atau berkeluarga, karena program ini adalah untuk rumah pertama keluarga," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (24/7).

1. Seleksi itu dilakukan sesuai peraturan

1.790 Pemohon akan Huni Rumah DP 0 Rupiah Klapa VillageIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Kelik Indriyanto, mengatakan sesuai Peraturan Gubernur 104/2018, Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah ditargetkan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) warga DKI Jakarta yang memenuhi persyaratan.

"Sehingga program ini menerapkan proses seleksi kepada calon penghuni, untuk memastikan kesesuaian dengan syarat yang ditetapkan sehingga  peruntukan fasilitas hunian yang tepat sasaran," jelasnya.

Baca Juga: Penghuni Rumah DP 0 Rupiah Disuguhi Pemandangan TPU Pondok Kelapa

2. Pemohon akan diundang

1.790 Pemohon akan Huni Rumah DP 0 Rupiah Klapa VillageIDN Times/Gregorius Aryodamar P

1.790 pendaftar yang lolos tersebut diundang untuk untuk mengurus pengajuan permohonan kredit dan pemilihan unit di lokasi rumah DP 0 rupiah di Klapa Village, Jakarta Timur.

Pemohon memiliki waktu selama 10 hari dari Sabtu 27 Juli 2019 hingga Minggu, 4 Agustus 2019, untuk memilih unit yang diminati dan melakukan proses pengajuan permohonan kredit program DP 0 rupiah ke Bank DKI. Saat ini ada dua tipe utama  (tipe 36 dan 21) dan lima sub-tipe yang dapat dipilih di lokasi Rusunami Klapa Village yang terletak di jl H. Naman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Menurut Dzikran, setelah konsultasi dengan Bank DKI, bahwa biasanya proses kredit memakan waktu sekitar dua minggu, sehingga estimasi mereka, pada pertengahan atau akhir Agustus 2019, nama-nama yang pengajuan kreditnya disetujui oleh Bank DKI dapat diumumkan, dan akan dapat diadakan acara akad kredit.

Baca Juga: Anies Baswedan Pastikan Rumah DP 0 Persen Tuntas Agustus 2019

3. Pembangunan fisik memasuki tahap akhir

1.790 Pemohon akan Huni Rumah DP 0 Rupiah Klapa VillageIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Kelik menjelaskan, pembangunan fisik oleh PD Sarana Jaya tinggal penyelesaian sarana dan prasarana pendukung fasilitas publik antara lain, Lift, Taman, Ruang ibadah (musala),  Ruang terbuka, serta parkir motor dan parkir terbatas mobil (sesuai ketentuan Rusunami).

4. Pemilik Rusunami Klapa Village akan dapat SHM

1.790 Pemohon akan Huni Rumah DP 0 Rupiah Klapa VillageIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Kelik juga menekankan bahwa pada Rusunami Klapa Village, pemilik unit hunian DP 0 Rupiah akan memperoleh Sertifikat Hak Milik (strata tittle) serta akan akan mencicil dengan bunga fixed 5 persen per tahun selama 15 atau 20 tahun.

Baca Juga: FOTO: Masih Ingat Rumah DP 0 Rupiah? Begini Keadaannya Sekarang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya