2 Tahun Anies, PAN Kritik soal Kebersihan dan Sanitasi Air

Banyak yang belum selesai tentang sanitasi air

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan genap dua tahun memimpin Ibu Kota pada 16 Oktober 2019. Sejumlah fraksi di DPRD DKI Jakarta pun memberi pandangannya terkait kinerja sang Gubernur selama dua tahun ini.

Salah satunya adalah Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN). Ketua Fraksi PAN Lukmanul Hakim mengungkapkan, ada sejumlah masalah yang menjadi sorotan fraksinya pada dua tahun kepemimpinan Anies.

Baca Juga: Genap 2 Tahun Pimpin Jakarta, Ini Capaian Anies Soal Rumah DP 0 Rupiah

1. Masalah sanitasi jadi sorotan

2 Tahun Anies, PAN Kritik soal Kebersihan dan Sanitasi AirIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Hakim mengatakan, permasalahan ketersediaan air bersih di Jakarta masih terasa di beberapa wilayah. Pria yang akrab disapa Bung Hakim tersebut mengungkapkan bahwa masih ada warga yang menggunakan air kali untuk kebutuhan sehari-hari.

"Masalah sanitasi air, dalam dua tahun kepemimpinannya masih banyak yang belum selesai tentang sanitasi air," katanya.

2. Perilaku dan gaya hidup masyarakat Jakarta masih tertinggal

2 Tahun Anies, PAN Kritik soal Kebersihan dan Sanitasi AirIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sementara Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN Zita Anjani menilai, perilaku dan gaya hidup masyarakat Jakarta masih tertinggal ketimbang kota di negara lain.

"Rumah- jamban jadi satu, konsep kebersihan masih kurang, beda dengan Jepang, walaupun rumah kecil-kecil, tapi penduduk paham kebersihan, daur ulang, dan memilah sampah," kata Zita.

3. Ingin masyarakat diedukasi

2 Tahun Anies, PAN Kritik soal Kebersihan dan Sanitasi AirIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Ia pun meminta agar Pemprov DKI Jakarta mengedukasi dan memberi sosialisasi kepada masyarakat terkait pengelolaan sampah secara mandiri.

"Misalnya pengelolaan sampah swadaya yang sudah banyak muncul. Pemasaran produknya perlu didukung, produksinya juga harus ditingkatkan. Kita butuh diskusi panjang sendiri buat diskusi soal ini," ujar pimpinan DPRD DKI Jakarta termuda ini.

Baca Juga: 2 Tahun Pimpin Jakarta, Gerindra Nilai Anies Banyak Kekurangan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya