Comscore Tracker

3 Hotel di Jakarta Jadi Tempat Isolasi Mandiri COVID-19, Ini Daftarnya

Ketiga hotel tersebut berada di Jakarta Utara dan Barat

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengungkapkan saat ini pemerintah telah menyiapkan tiga hotel untuk isolasi mandiri pasien COVID-19. Ketiga hotel tersebut berada di Jakarta Utara dan Barat.

"Pertama Ibis Mangga Dua, U Stay Hotel, dan satu lagi di Ibis Senen," jelas Widyastuti dalam diskusi virtual Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (1/10/2020).

1. Hotel untuk isolasi mandiri akan terus ditambah

3 Hotel di Jakarta Jadi Tempat Isolasi Mandiri COVID-19, Ini DaftarnyaPersiapan pihak hotel untuk menerima isolasi pasien COVID-19. Dok. Kemenparekraf

Widyastuti memastikan bahwa hotel untuk isolasi mandiri di Jakarta akan ditambah. Menurutnya, itu butuh sinergi antara pemerintah pusat dan DKI Jakarta.

"Ke depannya terus bertambah sehingga semakin banyak sinergi antara pusat dan daerah dalam rangka menyiapkan tempat isolasi bagi pasien tanpa gejala," jelasnya.

Baca Juga: Ini 16 Syarat Pasien COVID-19 Jakarta Bisa Isolasi Mandiri di Rumah

2. Pemprov DKI Jakarta kerja sama dengan sejumlah pihak yang berkepentingan

3 Hotel di Jakarta Jadi Tempat Isolasi Mandiri COVID-19, Ini DaftarnyaKepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Widyastuti mengatakan, Pemprov DKI Jakarta berdialog dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), manajemen hotel, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) hingga Kementerian Kesehatan untuk menerapkan sarana hotel yang akan menjadi tempat isolasi mandiri itu.

Kementerian Kesehatan akan membantu menyiapkan klinik di tiap hotel untuk isolasi mandiri, Dinas Kesehatan bertugas sebagai pengawasan dan pencarian kasus yang dirawat di hotel itu, dan TNI/Polri akan membantu pengawasan di hotel.

"Memastikan warga gak keluar masuk karena hotel ini lagi jadi tempat isolasi tanpa gejala," jelasnya.

3. Sebanyak 75.521 orang di Jakarta telah terkonfirmasi positif COVID-19

3 Hotel di Jakarta Jadi Tempat Isolasi Mandiri COVID-19, Ini DaftarnyaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Hingga Kamis (1/10/2020) sebanyak 75.521 orang di Jakarta telah terkonfirmasi positif COVID-19. Dari jumlah tersebut sebanyak 61.444 atau 81,4 persen orang di antaranya telah sembuh dan 1.737 atau 2,3 persen orang meninggal.

Sebanyak 12.340 pasien merupakan kasus aktif dengan rincian 1.795 atau 2,4 persen dirawat dan 10.545 atau 14 persen menjalani isolasi mandiri. Dari 12.340 kasus aktif, sebanyak 48,4 persen atau 5.972 orang tanpa gejala, 3.826 orang atau 31 persen bergejala, dan 20,6 persen atau 2.542 kasus aktif lainnya belum diketahui.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M: Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: 7 Bulan COVID-19 Landa Indonesia, Sudah 291.182 Orang Terinfeksi 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya