Comscore Tracker

3 Pekan Beruntun Sumbang Kasus COVID-19 Tertinggi, Ini Kata Wagub DKI

Satgas COVID-19 sebut DKI selalu tertinggi 3 pekan terakhir

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengakui ada peningkatan kasus COVID-19 di Jakarta pada tiga pekan terakhir. Namun ia memastikan penanganan wabah virus corona masih terkendali. 

"Secara umum masih terkendali," kata Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (25/11/2020) malam.

1. Pemprov DKI Jakarta terus meningkatkan jumlah tes COVID-19

3 Pekan Beruntun Sumbang Kasus COVID-19 Tertinggi, Ini Kata Wagub DKIIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Riza mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus melakukan berbagai macam upaya untuk menekan angka penularan COVID-19. Salah satunya dengan meningkatkan jumlah tes harian sehingga semakin cepat mendeteksi kasus COVID-19.

"Setiap hari kita mencapai tujuh sampai delapan ribu per hari. Kita akan menargetkan sesuai dengan arahan Pak Gubernur sehari paling tidak 10 ribu (tes)," ujar Riza.

Riza mengatakan jumlah tes COVID-19 DKI Jakarta saat ini menjadi salah satu yang paling besar di Indonesia. Menurutnya, saat ini jumlah tes COVID-19 di Jakarta menyumbang sebesar 46 persen nasional.

"Kami memang mengikuti melaksanakan arahan dari Bapak Jokowi untuk terus mengambil langkah-langkah konkret di antaranya memperbanyak testing," jelasnya.

Baca Juga: Satgas COVID-19: Masih Banyak yang Tidak Percaya COVID-19

2. Riza Patria sebut tingkat kesembuhan COVID-19 di Jakarta tinggi

3 Pekan Beruntun Sumbang Kasus COVID-19 Tertinggi, Ini Kata Wagub DKIRiza Patria (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Ketua DPD Partai Gerindra ini mengungkapkan tingkat kesembuhan dari COVID-19 di Jakarta saat ini masih tinggi, yakni 92 persen. Sedangkan tingkat kematiannya menurun menjadi dua persen.

Riza mengatakan di Jakarta terdapat 58 laboratorium dan 98 rumah sakit rujukan COVID-19. Sehingga, menurutnya kasus COVID-19 di Jakarta masih terkendali.

"Jadi alhamdulillah di DKI sekali pun memang ada peningkatan kasus aktifnya 8,3 persen, tapi angka kesembuhannya lebih tinggi," jelas Riza.

3. Satgas COVID-19 sebut Jakarta sumbang kasus terbesar dalam tiga pekan terakhir

3 Pekan Beruntun Sumbang Kasus COVID-19 Tertinggi, Ini Kata Wagub DKIJuru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sebelumnya Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan DKI Jakarta menjadi salah satu provinsi penyumbang kasus COVID-19 terbanyak pekan ini. Bahkan DKI Jakarta masuk ke dalam lima besar wilayah dengan kenaikan kasus tertinggi selama tiga pekan berturut-turut.

"DKI Jakarta sudah tiga minggu berturut-turut di lima besar penambahan kasus positif mingguan tertinggi. Bahkan, di pekan ini berada di peringkat pertama," ujar Wiku dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (24/11/2020).

"Untuk itu, mohon betul ditingkatkan kapasitas pemeriksaan COVID-19, terutama orang-orang dengan riwayat perjalanan, serta lakukan penelusuran kontak erat dengan masif untuk mendeteksi kasus," kata Wiku.

Baca Juga: Datang ke Polda Metro, Wagub Riza Patria Klarifikasi Kerumunan Rizieq

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya