3 Tahun Anies Pimpin Jakarta, Fraksi PDI P: Masih Jauh dari Target

Masa jabatan tinggal 2 tahun nih, Pak Anies

Jakarta, IDN Times - Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta mengkritisi kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan yang hari ini tepat berusia tiga tahun. Ketua Fraksi PDI P Gembong Warsono menilai, Anies masih jauh dari kata memenuhi janji-janjinya.

"Kalau kita mencermati 3 tahun kepemimpinan Anies dan berpedoman pada RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), itu masih sangat jauh dari target pencapaian RPJMD," kata Gembong pada Kamis (16/10/2020) malam.

1. Pemenuhan hunian layak masih jauh dari target

3 Tahun Anies Pimpin Jakarta, Fraksi PDI P: Masih Jauh dari TargetIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sebagai contoh, Gembong mengungkapkan bahwa Anies belum maksimal dalam menyediakan hunian yang layak dan terjangkau bagi seluruh masyarakat. Padahal itu dijanjikannya dan tercatat dalam RPJMD. 

"Target penyediaan hunian layak bagi warga ibu kota sekitar 350 ribu unit, di tahun ke-3 ini belum mencapai 50 ribu unit. Kemudian juga penanganan banjir, program yang digadang yaitu naturalisasi kali itu masih nol, program drainase vertikal juga belum jalan maksimal," ungkap Gembong.

Baca Juga: 3 Tahun Anies Baswedan Pimpin Jakarta, PSI Sebut Ada Kemunduran

2. Pandemik COVID-19 bukan alasan

3 Tahun Anies Pimpin Jakarta, Fraksi PDI P: Masih Jauh dari TargetTenaga medis beraktivitas di halaman tower lima Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, di Jakarta, Jumat (11/9/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Menurut Gembong, pandemik COVID-19 gak bisa dijadikan alasan tidak bisa memenuhi target pembangunan rumah susun. Sebab, pandemik COVID-19 baru ada dalam beberapa bulan terakhir.

"Contohnya ya itu, penyediaan hunian layak bagi warga ibu kota. Katakanlah 3 tahun pemerintahan Pak Anies, lalu katakan potong 1 tahun karena kita fokus penanganan pandemi ini. Tapi masa dua tahun gak sampai 50 ribu unit, kan gitu. Kenapa ini terjadi, karena semua energi Pak Anies dicurahkan untuk rumah DP 0 rupiah," kata dia.

3. Masa jabatan Anies di Jakarta sisa dua tahun

3 Tahun Anies Pimpin Jakarta, Fraksi PDI P: Masih Jauh dari TargetGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Wakil Ketua Panitia Khusus Banjir DPRD DKI Jakarta ini pun berpesan agar Anies lebih fokus menuntaskan janji yang tercantum dalam RPJMD. Sebab, masa jabatan Anies di ibu kota tinggal sebentar.

"Tinggal 2 tahun, lho," ujarnya.

Baca Juga: 3 Tahun Gubernur Anies, Pengamat: Jakarta Menuju Bunuh Diri Ekologis

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya