Comscore Tracker

39 Tahanan KPK Divaksinasi, ICW: Sangat Tidak Tepat!

Juliari Batubara dan Edhy Prabowo juga divaksinasi COVID-19

Jakarta, IDN Times - Langkah pemerintah memvaksinasi 39 tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), termasuk Juliari Batubara dan Edhy Prabowo, dikritisi Indonesia Corruption Watch (ICW). Peneliti ICW Dewi Anggraeni menilai langkah tersebut tidak tepat.

"Menurut kami sangat tidak tepat ya. Melihat kesahihan data Kemenkes saja, bisa diragukan bahwa pasti belum semua nakes atau kelompok prioritas lainnya yg menjadi target vaksin tahap satu itu mendapatkan vaksin, sekarang sudah akan diberikan kepada tahanan KPK," ujar Dewi melalui pesan singkat, Jumat (26/2/2021).

Ia meminta pemerintah, terutama Kemenkes, meninjau ulang dan membatalkan rencana itu. Sebab tahanan KPK bukan garda terdepan yg harus mendapatkan vaksin tahap satu.

1. Pemerintah harusnya bisa menentukan prioritas

39 Tahanan KPK Divaksinasi, ICW: Sangat Tidak Tepat!Proses Vaksinasi Para Tahanan (Dok. Humas KPK)

ICW memahami bahwa pelaksanaan vaksinasi di lingkungan KPK bertujuan agar tak menganggu penyelidikan dan penyidikan lembaga antirasuah itu. Namun, kata Dewi, pemerintah seharusnya melihat skala prioritasnya dalam melakukan vaksinasi.

"Semua tenaga kesehatan saja belum berhasil divaksin. Pemerintah harus lebih gencar ke kelompok prioritas dahulu, apalagi jumlah vaksin kan masih terbatas. Utamakan garda terdepan untuk penanganan COVID-19, lalu baru bisa beralih ke lapisan berikutnya," ujarnya.

Baca Juga: Terkuak, Juliari Perintah Anak Buah Pungut Rp10 Ribu per Paket Bansos

2. Ada 39 tahanan KPK divaksinasi

39 Tahanan KPK Divaksinasi, ICW: Sangat Tidak Tepat!Proses Vaksinasi Para Tahanan (Dok. Humas KPK)

Sebelumnya, Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri mengkonfirmasi adanya puluhan tahanan KPK divaksinasi COVID-19. Dari 61 tahanan KPK, 39 tahanan sudah divaksinasi tahap pertama.

"Untuk 22 tahanan lainnya dilakukan penundaan karena alasan kesehatan," kata Ali Fikri dalam keterangan yang dikutip pada Kamis (25/2/2021).

Pelaksanaan vaksinasi di lingkungan KPK dimulai pada 18-23 Februari 2021 di Gedung Juang KPK.

3. Vaksinasi bukan hanya untuk tahanan KPK

39 Tahanan KPK Divaksinasi, ICW: Sangat Tidak Tepat!Proses Vaksinasi Para Tahanan (Dok. Humas KPK)

Ali mengatakan pemberian vaksinasi COVID-19 di lingkungan KPK merupakan upaya percepatan pengendalian penanganan COVID-19. Pemberian vaksin di lingkungan KPK tak hanya dilakukan pada tahanan KPK saja, melainkan sejumlah pihak internal dan eksternal.

"Pemberian vaksin dilakukan terhadap seluruh insan KPK, tahanan, para jurnalis dan pihak eksternal lain yang berada di lingkungan KPK," jelasnya.

Baca Juga: Edhy Prabowo Diduga Menyalahgunakan Kunjungan Online di Rutan KPK

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya