70 Persen Kapasitas Rumah Sakit di DKI Terisi, Ini Upaya Pemprov DKI

Hanya tersisa sekitar 30 persen

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, mengatakan sebanyak 70 persen kapasitas rumah sakit di Jakarta telah terisi. Karena itu, Pemprov DKI Jakarta akan melakukan sejumlah langkah antisipasi.

Ia antara lain menyarankan pasien positif COVID-19 tanpa gejala menjalani isolasi secara mandiri di rumah.

1. Dinkes DKI Jakarta pastikan isolasi berjalan baik

70 Persen Kapasitas Rumah Sakit di DKI Terisi, Ini Upaya Pemprov DKIKepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Widyastuti mengatakan pasien positif COVID-19 tak bergejala atau gejala ringan hanya akan menjalani isolasi mandiri atau di wisma atlet yang berkapasitas besar.

"Artinya sesuai dengan protokol kesehatan bahwa dari 100 persen pasien COVID-19, 50 persen tanpa gejala, kita bantu dorong itu," jelas Widiyastuti di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (28/8/2020).

2. Upaya peningkatan kapasitas dan SDM sedang dilakukan

70 Persen Kapasitas Rumah Sakit di DKI Terisi, Ini Upaya Pemprov DKIIlustrasi Tes Usap/PCR Test (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Pemprov DKI Jakarta, kata Widyastuti, sedang meningkatkan kapasitas tempat tidur di rumah sakit rujukan COVID-19. Pihaknya juga akan merekrut Sumber Daya Manusia (SDM) profesional untuk mendukung layanan menangani COVID-19.

"Jadi, ketika kita menambah kapasitas ICU, tidak hanya alat saja. Nanti alatnya ada tapi orangnya enggak ada lagi," jelasnya.

3. Sebanyak 37.278 orang di Jakarta terpapar COVID-19

70 Persen Kapasitas Rumah Sakit di DKI Terisi, Ini Upaya Pemprov DKIIlustrasi Tes Usap/PCR Test (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Memang, jumlah pasien positif COVID-19 di Jakarta terus meningkat. Berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan, per Jumat (28/8/2020) sudah terdapat 37.278 orang di Jakarta yang dinyatakan positif COVID-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 29.169 orang sudah dinyatakan sembuh dan 1.154 meninggal dunia.

Baca Juga: Tantangan yang Dihadapi Indonesia untuk Mengakhiri Pandemi COVID-19

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya