Ada Apa Saja di Kampung Akuarium yang Dibangun Anies?

Pembangunan ditargetkan rampung Desember 2021

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya kembali memulai pembangunan Kampung Akuarium yang dulu digusur Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok.

Selain membangun permukiman, apa saja yang akan dibangun di Kampung Akuarium yang ditargetkan rampung Desember 2021 ini?

Baca Juga: Bangun Kampung Akuarium yang Digusur Ahok, PDIP: Anies Langgar Perda  

1. Sebanyak 40 persen kawasan untuk RTH

Ada Apa Saja di Kampung Akuarium yang Dibangun Anies?Desain akhir kampung Akuarium (Instagram.com/kampung_akuarium)

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Sarjoko mengatakan, sebanyak 40 persen lahan di Kampung Akuarium diproyeksikan untuk lahan terbuka.

Tujuannya, agar masyarakat memiliki ruang terbuka hijau (RTH) untuk saling berinteraksi. Sedangkan sisanya akan digunakan untuk permukiman.

"Perbandingan lahan terbuka dan lahan terbangun adalah 40 persen berbanding 60 persen," ucap Sarjoko, Rabu (19/8/2020).

2. Pemprov DKI Jakarta akan buat Galeri Cagar Budaya

Ada Apa Saja di Kampung Akuarium yang Dibangun Anies?Plt. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Sarjoko (IDN Times/Aryodamar)

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga akan membuat Galeri Cagar Budaya di kawasan Kampung Akuarium. Sebab, di kawasan tersebut sempat ditemukan beberapa bangunan cagar budaya peninggalan Hindia Belanda.

Kemudian, galian bekas studi ekskavasi akan ditutup pasir dan digunakan sebagai ruang terbuka hijau.

"Temuan benda cagar budaya telah didokumentasikan dan rencananya akan dibuatkan tempat semacam galeri di lantai dasar bangunan," kata Sarjoko.

3. Pembangunan Kampung Susun Akuarium ditargetkan selesai Desember 2021

Ada Apa Saja di Kampung Akuarium yang Dibangun Anies?Pemprov DKI Jakarta Berkolaborasi bersama Warga dan Komunitas dalam Menata Kampung Akuarium (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sebelumnya, Sarjoko mengatakan, Kampung Susun Akuarium ini akan dibangun di atas lahan seluas 10 ribu meter persegi. Nantinya kampung ini akan terdiri dari 5 blok dan 241 unit hunian tiper 36

"Pembangunan kampung susun Akuarium direncanakan dapat diselesaikan pada Desember 2021 atau lebih cepat dari waktunya," ujar Sarjoko di lokasi yang sama.

Baca Juga: Kampung Akuarium Anies Dibangun  Tidak Pakai Dana APBD 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya