Ahok Disebut Lebih Berhasil Atasi Banjir, Gerindra Bela Anies Baswedan

Menurutnya hasil survei bisa berbeda

Jakarta, IDN Times - Ketua DPD Gerindra Jakarta M Taufik, buka suara soal survei Indo Barometer yang menyebut Joko "Jokowi" Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok lebih berhasil mengatasi banjir ketimbang Gubernur Anies Baswedan.

Menurut Taufik, hasil survei tersebut berbeda dengan kondisi di lapangan. Sebab, jumlah RW yang terdampak banjir lebih sedikit saat era Anies.

"Ada survei mengatakan (Ahok lebih unggul dari Anies dalam penanggulangan banjir) itu. Tapi, ada juga survei mengatakan bahwa RW-nya lebih sedikit. RW yang kena banjir jauh lebih sedikit ketimbang yang lalu," ujarnya di Gedung DPRD DKI Jakarta lantai 10, Senin (17/2).

1. Menurut Taufik, hasil survei bisa berbeda

Ahok Disebut Lebih Berhasil Atasi Banjir, Gerindra Bela Anies BaswedanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Wakil Ketua DPRD itu tak menunjukkan lembaga yang ia rujuk sehingga bisa menyebut jumlah RW yang terdampak banjir lebih sedikit. Menurutnya, tiap lembaga survei akan punya hasil berbeda sehingga masyarakat bisa memilih sendiri percaya lembaga survei yang mana.

"Bagaimana (masyarakat) mau pegang sama (survei) yang mana. Data yang saya punya RW-nya lebih sedikit, titik banjirnya lebih sedikit. Ya gak apa-apa survei-survei. Ini kan juga punya survei," katanya.

Baca Juga: Anies Tak Ingin Masalah Transportasi Era Ahok Terjadi pada MRT Fase 2

2. PDIP menganggap Anies belum bekerja atasi banjir selama dua tahun

Ahok Disebut Lebih Berhasil Atasi Banjir, Gerindra Bela Anies BaswedanGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ikut membersihkan lumpur sisa banjir Jakarta. (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Pernyataan berbeda dilontarkan Fraksi PDI Perjuangan. Ketua Fraksi PDI P Gembong Warsono, mengatakan bahwa sebuah survei bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan untuk membuktikan kebenarannya tinggal dibandingkan dengan kenyataan di lapangan.

"Misalkan apakah penuntasan banjir selama ini sudah dilaksanakan dengan baik? Ya bisa kita rasakan," ujarnya saat dihubungi.

Gembong enggan membandingkan siapa sosok yang lebih baik antara Jokowi, Ahok, dan Anies dalam menangani banjir di Jakarta. Sebab, menurutnya Anies belum melakukan apa-apa sehingga tak bisa dibandingkan dengan dua sosok pendahulunya.

"Selama dua tahun Pak Anies tidak melakukan apa-apa. Kita warga Jakarta disuguhkan wacana antara naturalisasi dan normalisasi, selama dua tahun kita hanya berkutat di situ tapi aksi di lapangan gak ada," ujarnya.

3. Anies dinilai kalah jauh dari Jokowi dan Ahok

Ahok Disebut Lebih Berhasil Atasi Banjir, Gerindra Bela Anies BaswedanInstagram/@basukibtp

Seperti diberitakan sebelumnya, lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei yang dilakukan pada 9-15 Januari. Hasilnya hanya 4,1 persen responden yang menyebut masalah banjir berhasil ditangani Anies. Jumlah tersebut jauh lebih rendah ketimbang Jokowi dengan 25 persen dan Ahok 42 persen.

Baca Juga: Lebih Baik dari Anies Tangani Banjir, Ahok Pakai Desain Belanda

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya