Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI: Anies Minim Prestasi, Jadi Banggakan JIS

Anies Baswedan dinilai kurang beretika

Jakarta, IDN Times - Anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak, mengkritik Gubernur DKI Anies Baswedan yang membanggakan Jakarta International Stadium (JIS) ketika salat Idul Fitri 1443 Hijriah. Menurutnya, hal itu dilakukan karena Anies minim prestasi selama memimpin DKI.

"Pernyataan JIS mahakarya adalah hiperbola, karena di kota lain di luar negeri itu merupakan standar stadion, baik untuk tenis atau bola. Ini teknologi dan karya yang sudah ada lama di luar negeri, dengan beberapa sentuhan arsitektur Indonesia. Tetapi, karena Anies minim prestasi, jadi ini yang dibanggakan," ujar Gilbert, Rabu (4/5/2022).

Baca Juga: [FOTO] Warga Salat Idul Fitri di JIS, Anies: Janji Telah Ditunaikan 

1. Tugu bambu dan tugu sepeda Anies juga disinggung

Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI: Anies Minim Prestasi, Jadi Banggakan JISPekerja menyelesaikan pembangunan Tugu Sepeda di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (5/4/2021). (ANTARA FOTO/Retno Esnir)

Gilbert mengibaratkan seorang pelukis yang tidak pernah menyatakan lukisannya sebagai mahakarya, tapi orang lain yang memujinya. Ia pun menyinggung Tugu Sepeda dan Tugu Bambu di kawasan Sudirman-Thamrin yang dibuat pada era Anies menjabat.

"Kenapa Anies tidak membanggakan tugu sepeda, tugu bambu sebagai monumental? JIS sendiri masih banyak yang harus diperbaiki seperti sinyal telepon yang sangat sulit, lift ke atap yang tidak bisa digunakan, debu yang sangat tebal menutupi bangku yang memerlukan pemeliharaan biaya tinggi," ujarnya.

2. Anies Baswedan dinilai kurang beretika

Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI: Anies Minim Prestasi, Jadi Banggakan JISAnggota Fraksi PDI-P DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak (IDN Times/Aryodamar)

Alih-alih membanggakan JIS, Gilbert menilai Anies seharusnya meminta maaf pada warga Jakarta. Sebab, banyak warga Jakarta yang menjadi korban banjir, tak mendapat hunian layak, dan gagal menunaikan janji kampanyenya.

"Ucapan mahakarya menunjukkan kesan lebih fokus ke kampanye untuk 2024 daripada kepada warga DKI yang tersisihkan, padahal Anies masih terima gaji. Ini kurang beretika," ujar Gilbert.

3. Anies sebut JIS adalah pembuktian salah satu janji kampanyenya tuntas

Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI: Anies Minim Prestasi, Jadi Banggakan JISGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS), Senin (2/5/2022)

Sebelumnya, Anies mengaku bersyukur bisa menunaikan salat Idul Fitri 1443 Hijriah di JIS. Ia bersyukur karena hal ini membuktikan salah satu janji kampanyenya telah tertunaikan. 

"Kita bersyukur pada pagi hari ini sama-sama bisa salat Idul Fitri sekaligus menyaksikan sebuah janji telah tertunaikan," ujar Anies selepas salat Idul Fitri, Senin (2/5/2022). 

Anies mengatakan, nantinya JIS bisa digunakan untuk beragam kegiatan. Kegiatan yang bisa diselenggarakan antara lain kesenian, kebudayaan, bahkan keagamaan. 

Ia juga bersyukur karena akhirnya Jakarta punya stadion sendiri setelah 13 tahun menanti. Anies berharap agar JIS bisa menjadi ladang pahala dan berkah bagi penggunanya nanti.

"Ini adalah kemenangan setelah 13 tahun menanti, akhirnya Jakarta memiliki stadionnya sendiri yaitu JIS. Stadion yang jadi mahakarya bukan hanya karena fisiknya belaka, namun juga atas kerja keras, kerja luar biasa dari anak negeri atas visi dan cita-cita yang digantungkannya kepada-Nya" ujar Anies.

Baca Juga: Cerita Warga Sepatan Tangerang, Jauh-Jauh Salat Id ke JIS Demi Anies

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya