Anggota TNI Diduga Bantu Buronan Kabur, KPK Minta Bantuan KSAD

Diduga berpangkat Dandim

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkoordinasi dengan Kepala Satuan Angkatan Darat (KSAD), Dudung Abdurachman, untuk mencari Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak, yang saat ini sedang menjadi buronan. Diduga, ada keterlibatan Anggota TNI dalam kaburnya politisi Partai Demokrat itu.

"Saat ini kami juga telah berkoordinasi dengan Kepala Staf Angkatan Darat TNI untuk bantuan menghadapkan anggotanya terkait permintaan keterangan oleh Tim Penyidik KPK," ujar Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan, Ali Fikri, Senin (1/8/2022).

1. Salah satu anggota TNI yang membantu Ricky Ham Pagawak kabur diduga berpangkat Dandim

Anggota TNI Diduga Bantu Buronan Kabur, KPK Minta Bantuan KSADBupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (Instagram.com/Ricky_hampagawak)

Berdasarkan keterangan sumber yang enggan disebutkan namanya, ada dua anggota TNI yang diduga membantu Ricky Ham Pagawak kabur. Salah satunya disebut berpangkat Dandim.

"Kami berharap dukungan dan bantuan dari pihak TNI sebagai bentuk sinergi penegak hukum guna percepatan penyelesaian perkara ini sehingga kepastian hukum segera terwujud," ujar Ali.

Baca Juga: Cari Bupati Mamberamo Tengah, KPK Minta Bantuan Gubernur Papua

Baca Juga: Kasus Bupati Mamberamo Tengah, Giliran Nowela Idol Diperiksa KPK

2. KPK juga minta bantuan Gubernur Papua

Anggota TNI Diduga Bantu Buronan Kabur, KPK Minta Bantuan KSADInstagram.com/@lukas_enembe

KPK juga telah menyurati Gubernur Papua, Lukas Enembe. KPK berharap Pemprov Papua bisa membantu KPK mencari Ricky Ham.

"KPK juga telah berkirim surat ke pihak Gubernur Provinsi Papua sebagai bentuk informasi dan koordinasi sehingga pihak Pemprov Papua dapat turut membantu mencari keberadaan Tersangka dimaksud," ujar Ali.

"Gubernur juga dapat memantau roda pemerintahan di Pemkab Mamberamo Tengan sehingga tetap berjalan normal," lanjutnya.

3. Bupati Mamberamo Tengah diduga kabur ke Papua Nugini

Anggota TNI Diduga Bantu Buronan Kabur, KPK Minta Bantuan KSADBupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (Instagram.com/Ricky_HamPagawak)

Diketahui, Bupati Mamberamo Tengah saat ini tengah menjadi buronan KPK. Meski sudah dicegah ke luar negeri, ia diduga berhasil lolos ke Papua Nugini lewat jalur darat.

KPK telah mencari keberadaan Ricky melalui orang terdekat yang diduga membantu proses kaburnya Ricky. Saat ini, Tim KPK masih menganalisa keterangan dari pihak-pihak yang sudah dimintai keterangan.

Baca Juga: Dicegah KPK ke Luar Negeri, Bupati Mamberamo Tengah Kabur Lewat Darat

Baca Juga: KPK: Bupati Mamberamo Tengah yang Buron Cuma Lapor Kekayaannya 1 Kali 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya