Comscore Tracker

Angin Kencang Landa Jakarta, Pohon 10 Meter Tumbang Menimpa Mobil  

Akses jalan sempat tertutup

Jakarta, IDN Times - Sebuah mobil di kawasan Rumah Sakit Columbia, Jakarta Timur, ringsek tertimpa pohon setinggi 10 meter pada Selasa (23/11/2021). Pohon itu tumbang akibat angin kencang yang melanda kawasan Ibu Kota Selasa malam ini.

"Pohon berdiameter kurang lebih 1 meter dan tinggi 10 meter tumbang menutup jalan raya dan menimpa mobil," ujar Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Mulat Wijayanto.

Baca Juga: 2 Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang  di Kota Tangerang

1. Sebanyak 15 personel dan tiga unit dikerahkan

Angin Kencang Landa Jakarta, Pohon 10 Meter Tumbang Menimpa Mobil  Ilustrasi pohon tumbang. IDN Times/Imam Rosidin

Untuk menanggulanginya, Dinas Gulkarmat mengerahkan tiga unit alat bantu yang terdiri dari 1 Unit LR 512, 1 Unit QR, dan 1 Unit Rescue 51. Selain itu, pihaknya juga mengerahkan sejumlah personel untuk membantu penanggulangan pohon tumbang tersebut.

"Lima belas personel dikerahkan," ujar Mulat.

2. Pohon berhasil dievakuasi dalam 20 menit

Angin Kencang Landa Jakarta, Pohon 10 Meter Tumbang Menimpa Mobil  Pohon tumbang di kawasan Jakarta Timur (Dok.IDN Times/Istimewa)

Mulat mengatakan, pihaknya mengetahui kabar tersebut pada pukul 19.12 WIB. Evakuasi di lokasi mulai dilakukan pada pukul 19.25 WIB.

"Akhir evakuasi pukul 19.45 WIB," jelasnya.

3. Warga bisa melapor ke Jakarta Siaga 112 bila menemukan pohon tumbang

Angin Kencang Landa Jakarta, Pohon 10 Meter Tumbang Menimpa Mobil  Ilustrasi pohon tumbang dan menimpa rumah. (Dok. BPBD Purbalingga)

Mengutip konten yang diunggah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, warga diimbau waspada cuaca ekstrem. Salah satu dampak yang berpotensi timbul dari cuaca ekstrem ini adalah adanya pohon tumbang.

Untuk mengantisipasinya, warga diminta memperhatikan kondisi jalan yang akan dilalui khususnya apabila menemukan pohon besar dan tinggi. Selain itu, warga bisa melaporkan kepada petugas apabila menemukan pohon yang rapuh.

Warga juga dilarang memotong pohon sendiri tanpa bantuan pihak berwenang. Apabila menemukan pohon tumbang di Jakarta, warga bisa melaporkannya lewat Jakarta Siaga 112.

Baca Juga: Hujan Deras dan Angin Kencang di Kota Bandung, Sejumlah Pohon Tumbang

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya