Anies: 46 Halte TransJakarta Rusak, 3 di Antaranya Rusak Berat

Kerugiannya secara total kini mencapai Rp65 miliar

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa jumlah halte TransJakarta yang rusak bertambah menjadi 46. Bahkan, 3 halte di antaranya mengalami rusak berat.

"Seperti halte di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Tosari, sama Sawah Besar. Itu rusak berat yang harus dirombak total," jelas Anies pada Sabtu (10/10/2020).

1. Anies berharap Halte TransJakarta yang rusak bisa beroperasi normal dalam waktu 5 pekan

Anies: 46 Halte TransJakarta Rusak, 3 di Antaranya Rusak BeratHalte Transjakarta Bundaran HI hancur setelah dibakar massa pada Demo Omnibus Law pada Kamis, 8 Oktober 2020 (IDN Times/Aryodamar)

Agar cepat teratasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerahkan 250 personel dari berbagai elemen seperti Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, hingga Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat).

Anies mengatakan, mereka bekerja sepanjang malam sehingga hari ini suda tuntas pembersihannya.

"Nah, kita ingin hari Senin ini sudah bisa digunakan lagi temporer tapi belum keseluruhannya. Karena separuh akan dipakai dan separuh dimulai pembangunan. Kita berharap dalam 5 minggu ini semua sudah mulai beroperasi lagi," jelas Anies.

Baca Juga: Nyindir, Akun Twitter Halte Bundaran HI Curhat Usai Dibakar Demonstran

2. Kerugian yang ditangung akibat rusaknya Halte TransJakarta mencapai Rp65 miliar

Anies: 46 Halte TransJakarta Rusak, 3 di Antaranya Rusak BeratHalte Bundaran HI dibakar massa, Kamis (8/10/2020) (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2014-2016 ini mengatakan, kerugian akibat perusakan dan pembakaran halte TransJakarta mencapai Rp65 miliar. Menurutnya, itu angka yang sangat besar.

"Bisa dibilang ini halte terbaik di indonesia yang rusak ini. Kalau terbaru itu ini satu di Bundaran HI dan di Tosari. Kita akan segera kembalikan supaya bisa berfungsi lagi dengan baik," jelas Anies.

3. Halte TransJakarta yang rusak akan dibagi dua

Anies: 46 Halte TransJakarta Rusak, 3 di Antaranya Rusak BeratHalte Transjakarta Bundaran HI hancur setelah dibakar massa pada Demo Omnibus Law pada Kamis, 8 Oktober 2020 (IDN Times/Aryodamar)

Untuk sementara, kata Anies, halte yang diperbaiki akan dibagi dua. Sebagian rekontruksi ditutup dan sisanya untuk aktivitas penumpang.

"Jadi nanti akan ada pemasangan lantai sementara, dinding sementara, untuk separuh dan separuh lainnya ditutup untuk diperbaiki sampai tuntas," jelasnya.

Baca Juga: Anies: Kerugian Rp55 M Akibat 20 Halte TransJakarta Rusak Karena Demo

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya