Anies Bagikan 5.061 Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul

Pada 2020 ada Kampus Swasta yang jadi mitra KJMU ini

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara simbolis memberikan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) kepada 5.061 mahasiswa asal DKI Jakarta yang menempuh pendidikan tinggi tahun ajaran 2018/2019 di 90 Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia. 

Dalam sambutannya, Anies berpesan agar kesempatan kuliah tidak boleh disia-siakan dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan meraih prestasi akademis sekaligus pengembangan diri di luar kelas.

“Saya menganjurkan bagi teman-teman penerima KJMU, Anda harus dua-duanya dapat, yaitu prestasi akademik tinggi dan kemampuan kepemimpinan tumbuh berkembang dengan baik. Targetkan di situ. Bangsa ini membutuhkan banyak pemimpin yang terdidik. Karena itu, saya ingin teman-teman semua penerima KJMU, Anda melihat ini sebagai sebuah tanggung jawab, bahwa saya harus menjadi pemimpin,” ujar Anies di Balai Kota Jakarta, Senin (30/9).

1. Anies harapkan timbal balik dari mahasiswa

Anies Bagikan 5.061 Kartu Jakarta Mahasiswa UnggulIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Anies menyampaikan, kebijakan KJMU adalah program pemerintah daerah yang sebagian besar didanai oleh pajak dari masyarakat DKI Jakarta. Karena itulah, dia berharap mahasiswa penerima manfaat KJMU dapat memberikan timbal balik berupa prestasi selama menempuh pendidikan tinggi sekaligus bermanfaat melalui karya usai memperoleh gelar akademis dari kampus masing-masing.

“Saya ingin Anda semua menjaga nama baik. Jaga nama baik penerima KJMU. Satu saja ada peristiwa, yang kena semua penerima KJMU. Karena itu, bagi setiap pribadi, jaga nama baik dengan cara yang pasti teman-teman tahu semua. Dengan cara seperti itu, InsyaAllah KJMU-nya nanti bisa kita kembangkan makin besar lagi,” kata Anies.

Baca Juga: Pesan Anies Baswedan untuk Demonstran dan Aparat di Gedung DPR RI

2. Penerima KJMU harus aktif terlibat dalam masyarakat

Anies Bagikan 5.061 Kartu Jakarta Mahasiswa UnggulIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu menegaskan mahasiswa penerima manfaat KJMU harus aktif dan terlibat dalam berbagai kegiatan bersama masyarakat. Selain itu, Anies pun berharap mahasiswa penerima manfaat KJMU dapat mengikuti aturan dan bisa lulus tepat waktu serta menyelesaikan tugas akhir skripsi dengan sebaik-baiknya.

“Teman-teman semua yang hari ini menerima KJMU, boleh saya berharap. Hari ini Anda menerima KJMU, tapi suatu saat nanti Anda harus bisa menjadi orang yang memberikan beasiswa pada adik kelas Anda di kemudian hari. Berjanjilah kepada diri sendiri bahwa InsyaAllah suatu saat saya menjadi bagian yang memberikan beasiswa kepada adik-adik kelas saya. Lakukan itu, adik-adik,” ucapnya.

3. Daftar perguruan tinggi penerima KJMU

Anies Bagikan 5.061 Kartu Jakarta Mahasiswa UnggulIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Adapun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang akan menjadi mitra KJMU pada 2020 adalah PTS yang memiliki akreditasi A, baik lembaga maupun program studinya.

Berikut 11 PTS di wilayah DKI Jakarta:

- Universitas Gunadarma

- Universitas Bina Nusantara 

- Universitas Mercubuana

- Universitas Trisakti

- Universitas Tarumanegara

- Universitas Nasional

- Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

- Universitas Atmajaya

- Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti

- Universitas Pancasila

- Sekolah Tinggi Filsafat Driyakara

Baca Juga: Jurus Anies Cegah Pelajar Ikut Demo DPR, Terapkan Absen 2 Kali Sehari

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya