Anies Dorong Kendaraan Listrik Bebas Pajak Bea Balik Nama

Anies berharap kualitas udara Jakarta segera membaik

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengutarakan keinginannya agar kendaraan motor berbahan bakar listrik (BBL) bebas dari biaya pajak bea balik nama. Menurutnya hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk mendorong warga beralih ke transportasi BBL.

"Kita mendorong agar kendaraan-kendaraan bermotor berbasis listrik lebih banyak digunakan. Kami akan membebaskan pajak balik nama untuk kendaraan-kendaraan bermotor berbasis listrik baik roda dua maupun roda empat," jelas Anies di Kawasan Bundaran Senayan, Jakarta, Minggu (27/10).

1. Anies ingin kendaraan listrik tak masuk kategori barang mewah

Anies Dorong Kendaraan Listrik Bebas Pajak Bea Balik NamaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Anies mengungkapkan, pihaknya ingin kendaraan listrik tak masuk dalam kategori barang mewah agar kendaraan berbasis listrik bisa diperbanyak.

"Tetapi, apabila harganya mash amat mahal karena masuk kategori barang mewah maka sulit bagi kami memberikan justifikasinya," jelas Anies.

2. Anies harap pemerintah cepat beri kelonggaran

Anies Dorong Kendaraan Listrik Bebas Pajak Bea Balik NamaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu pun mengungkapkan bahwa kualitas udara di Jakarta menjadi tantangan baginya. Untuk itu, ia berharap pemerintah cepat memberi kelonggaran. "Supaya Jakarta makin cepat menjadi kota yang kualitas udaranya lebih baik," harapnya.

3. Kualitas udara Jakarta pada Minggu sore cenderung membaik

Anies Dorong Kendaraan Listrik Bebas Pajak Bea Balik NamaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Bedasarkan data yang dilansir aplikasi pemantau kualitas udara Airvisual, kualitas udara Jakarta pada pukul 17.30 di kawasan Sudirman berada pada level tidak sehat dengan 102 Air Quality Index (AQI). Namun, untuk rata-rata kualitas udara di seluruh Jakarta memiliki nilai 92.

Baca Juga: Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Solusi Anies Baswedan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya