Anies Fokus Kejar Target Vaksinasi COVID-19 Dosis 1, Ini Alasannya 

Sudah ada 7,9 juta orang dapat vaksin COVID-19 dosis pertama

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa saat ini masih fokus mengejar jumlah orang yang mendapat vaksin COVID-19 dosis pertama dibandingkan kedua. Sebab, untuk mendapatkan vaksin dosis kedua, masyarakat harus medapatkan vaksin dosis pertama lebih dahulu, sehingga ada ketimpangan jumlah orang yang sudah divaksin dosis pertama dan kedua.

"Kita kejar dulu fase pertama. Karena kuncinya untuk mendapatkan fase kedua itu fase pertama harus menjangkau seluruh," ujarnya di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (5/8/2021).

1. Anies terus genjot vaksin dosis pertama meski sudah 7,9 juta orang divaksin

Anies Fokus Kejar Target Vaksinasi COVID-19 Dosis 1, Ini Alasannya Ilustrasi petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 saat kegiatan vaksinasi massal (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Anies menegaskan Pemprov DKI Jakarta tetap memprioritaskan vaksin dosis pertama meski sudah mencapai 7,9 juta orang. Ia berharap seluruh warga Jakarta bisa  mendapat vaksin COVID-19.

"Kita berharap bisa seluruh warga ber-KTP DKI dan warga yang berkegiatan di DKI itu dapat vaksin fase 1 dulu," kata Anies.

Baca Juga: Disurati Anies Soal Data Penerima Bansos Tunai, Risma Ngaku Belum Tahu

2. Anies baru fokus vaksin dosis kedua ketiga setelah semua sudah divaksin dosis pertama

Anies Fokus Kejar Target Vaksinasi COVID-19 Dosis 1, Ini Alasannya IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan fokus percepatan vaksinasi dosis kedua baru dilakukan ketika dosis pertama telah dicapai. Sebab, dosis kedua bergantung pada dosis pertama karena jenisnya harus sama.

"Misalnya disuntik AstraZeneca yang harus menunggu 12 minggu. Enggak bisa dipercepat. Jadi suntikan kedua bukan strategi percepatan karena jadwalnya tergantung jenis vaksinnya," papar Anies.

3. Sudah ada 7,9 juta orang divaksin dosis pertama di DKI

Anies Fokus Kejar Target Vaksinasi COVID-19 Dosis 1, Ini Alasannya Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis pertama pada seorang seniman saat vaksinasi massal bagi seniman dan budayawan, di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (19/4/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Berdasarkan data yang dirilis Pemprov DKI Jakarta, hingga Rabu, 4 Agustus 2021 sudah terdapat 7,9 juta orang yang mendapat vaksinasi COVID-19 dosis pertama. Secara nasional, sudah ada 48,1 juta warga yang mendapat vaksin dosis pertama.

Dari jumlah tersebut, baru 2,9 juta warga yang mendapat vaksin dosis kedua di DKI. Sementara, secara nasional baru ada 21,4 juta orang yang mendapat vaksin COVID-19 dosis kedua.

Baca Juga: Anies: Syarat Vaksin Diberlakukan Terutama di Sentra Perekonomian

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya