Comscore Tracker

Anies: Jalur Sepeda BKT Bisa Digunakan Pesepeda 100 Persen Sabtu Ini

"Saya pastikan hari Sabtu sudah terbuka lagi," kata Anies

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjanjikan jalur sepeda di Kanal Banjir Timur (KBT) atau lebih dikenal dengan BKT di Pondok Bambu, Jakarta Timur sudah bisa dipakai kembali dengan aman dari gangguan pengguna jalan lain. Hal tersebut ia ungkapkan setelah mendapat kritik dan saran dari Penggagas Komunitas Bike to Work, Toto Sugito dan Pimpinan Redaksi IDN Times, Uni Lubis dalam webinar IDN Times bertajuk 'Ramai-ramai Bersepeda di Era Pandemik', Rabu (17/6) malam.

Dalam webinar tersebut, Anies dikritik lantaran jalur khusus sepeda di tepi KBT yang sudah tak berfungsi bertahun-tahun. Padahal tahun lalu Pemprov DKI Jakarta telah membangun 63 Km lajur khusus sepeda.

"Besok (jalur sepeda BKT) saya cek. Tapi, saya pastikan hari Sabtu (20/6) sudah terbuka lagi seluruh jalurnya," ujar Anies.

1. Anies akan kerahkan petugas menjaga jalur sepeda BKT

Anies: Jalur Sepeda BKT Bisa Digunakan Pesepeda 100 Persen Sabtu IniAnies Baswedan dalam acara Ngobrol Seru : Ramai-ramai bersepeda di era pandemik COVID-19 by IDN Times (IDN Times/Besse Fadhilah)

Anies mengakui, pendisiplinan di jalur sepeda BKT menjadi tantangan Pemprov DKI Jakarta. Ia pun berjanji akan mengerahkan petugas untuk menjaga jalur khusus sepeda di BKT agar aman dan bebas dari gangguan sehingga jalur itu bisa 100 persen didedikasikan untuk pesepeda.

"InsyaAllah biar Kamis dan Jumat diberesin semua. Sabtu sudah beres, minggu depan bisa dipakai Bike to Work," jelas Anies.

Baca Juga: Hari Sepeda Dunia, Berikut Protokol Gowes di New Normal

2. Dishub DKI Jakarta sempat bilang akan integrasikan jalur sepeda BKT

Anies: Jalur Sepeda BKT Bisa Digunakan Pesepeda 100 Persen Sabtu IniKepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI. IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan jalur sepeda di BKT merupakan salah satu yang sudah dimiliki DKI sejak lama. Sayangnya, jalur itu belum terintegrasi.

Karena belum terintegrasi, Syafrin pada saat itu berjanji akan 63 Km jalur sepeda yang telah dibangun Pemprov DKI Jakarta era Anies dengan yang sudah ada sebelumnya seperti di BKT.

"Dari BKT nanti diarahkan sedikit ke Kampung Melayu, nanti akan menjadi satu kesatuan, begitu juga yang di Melawai,” ucapnya seperti dilansir dari Antara.

3. Jalur sepeda BKT sudah tak berfungsi

Anies: Jalur Sepeda BKT Bisa Digunakan Pesepeda 100 Persen Sabtu IniGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat bersepeda (IDN Times/Aryodamar)

Jalur sepeda di kawasan BKT dibangun pada masa kepimpinan Gubernur Fauzi Bowo dan diresmikan pada 2012. Namun, jalur sepanjang 6,7 km ini lebih sering diserobot pengguna jalan lain hingga akhirnya ditutup beton dan tak lagi berfungsi.

Baca Juga: Car Free Day Belum Dibuka, Pemprov DKI Siapkan Jalur Sepeda

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya