Anies Mendadak Naik ke Atas Reog Ponorogo di Jakarnaval 2019

Gak sembarangan orang lho katanya bisa diangkat reog

Jakarta, IDN Times - Ada pemandangan tak biasa dari acara parade Jakarnaval 2019 yang berlangsung di depan Balai Kota DKI Jakarta, Minggu (30/6) sore. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara spontan menaiki Reog Ponorogo.

Anies tiba-tiba turun untuk menyapa dan penari menggendong Anies untuk naik ke salah satu Bantarangin Reog Ponorogo saat arak-arakan tersebut berhenti untuk melakukan atraksi di depan panggung

1. Anies sempat dilarang naik ke atas reog

Anies Mendadak Naik ke Atas Reog Ponorogo di Jakarnaval 2019Instagram/@aniesbaswedan

Sekitar satu menit, Anies tampak menikmati pemandangan dari atas reog sembari melempar senyum ke arah masyarakat yang tampak antusias melihat aksi tersebut.

Wakil ketua Komunitas Reog DKI Jakarta Nudjeng menyampaikan aksi tersebut pada awalnya sempat tidak diizinkan aparat keamanan.

“Awalnya dilarang tetapi karena Pak Anies lihat saya, bapak turun dan langsung kita naikkan,” ujar Nudjeng yang mengaku memang mengenal Gubernur DKI tersebut karena kerap bertemu pada berbagai kesempatan.

Baca Juga: Sambut HUT Jakarta, Anies Baswedan Ngecat Mural di Terowongan Kendal

2. Tak sembarang orang bisa diangkat naik ke atas reog

Anies Mendadak Naik ke Atas Reog Ponorogo di Jakarnaval 2019ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/HP.

Menurut Nudjeng, tak sembarang orang bisa naik dan diarak dengan reog.

“Menjadi kehormatan bagi reog kalau bisa diangkat ke atas kepala karena merak itu sendiri beratnya sudah 70 kilogram belum berat Pak Anies,” kata Nudjeng.

Nudjeng mengemukakan alasan untuk menggendong Gubernur DKI Jakarta tersebut guna menunjukkan kedekatan emosional.

3. Sebanyak 3.500 peserta ramaikan Jakarnaval 2019

Anies Mendadak Naik ke Atas Reog Ponorogo di Jakarnaval 2019ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Jakarnaval 2019 merupakan rangkaian acara yang digelar dalam rangka HUT ke-492 DKI Jakarta, mengangkat tema “wajah baru” ibu kota yang sedang terus membangun. Kegiatan tersebut diperkirakan dimeriahkan 3.500 peserta, mulai dari parade berjalan kaki hingga 65 kendaraan hias.

Rute parade akan terbagi menjadi 2 yaitu parade dengan berjalan kaki yang akan dimulai dari Silang Merdeka Tenggara melewati depan Bala Kkota Jakarta, mengarah ke Jalan MH. Thamrin dan kembali ke arah Monas.

Kemudian parade kendaraan hias yang dimulai dari Silang Merdeka Tenggara melewati depan Balai Kota Jakarta, mengarah ke Jl. MH Thamrin, dan berakhir di Bundaran HI.

Acara akan dilanjutkan dengan panggung hiburan di Monas yang akan dimeriahkan sejumlah artis seperti Krisdayanti pada pukul 19.00 WIB.

Baca Juga: Hari Jadi Bogor, Bima Arya dan Anies Baswedan Tarung Silat

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya