Comscore Tracker

Anies Minta Guru Siapkan Pelajaran Bahas UU Cipta Kerja pada Siswa

Metodenya telah disiapkan untuk siswa SMP, SMA, dan SMK

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan telah menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk siswa di ibu kota. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, RPP ini bermanfaat agar guru bisa menyiapkan bahan pelajaran untuk siswanya.

"Jadi anak-anak diarahkan untuk mereka bisa membahas, mereka bisa berdiskusi, dan mengkaji bersama atas apa yang kita percakapkan di masyarakat. Sehingga situasi yang dibicarakan itu bisa merangsang anak-anak kita untuk peduli pada masalah-masalah yang ada di hadapan bangsa ini," jelas Anies di Polda Metro Jaya, Senin (26/10/2020).

"Kalau kita hanya menganjurkan, maka guru-guru mungkin akan repot karena guru-guru perlu pedomannya. Karena itu, Dinas Pendidikan sudah menyiapkan yang biasa disebut RPP. RPP itu adalah rencana pelaksanaan pembelajaran untuk SMP, SMA, dan SMK," tambahnya.

1. Guru dan murid bisa bahas UU Cipta Kerja di kelas

Anies Minta Guru Siapkan Pelajaran Bahas UU Cipta Kerja pada SiswaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies mencontohkan, dalam RPP itu sudah tertulis detail apa yang akan diajarkan guru pada muridnya selama beberapa pertemuan. Detail tersebut seperti materinya apa, tujuan pembelajarannya apa, alat belajarnya apa, sumber belajarnya apa, cara penilaiannya bagaimana.

"Misalnya, jadikan UU Cipta Kerja sebagai materi pembelajaran. Kalau hanya dianjurkan begitu, nanti mungkin guru akan mengalami tantangan, bagaimana menerjemahkannya," jelas Anies.

Baca Juga: Anies: Pemerintah Pusat Tolak Usulan Tunda Cuti Bersama Maulid Nabi

2. Materi RPP disiapkan untuk pelajar SMP, SMA, dan SMK

Anies Minta Guru Siapkan Pelajaran Bahas UU Cipta Kerja pada SiswaGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies mengatakan, saat ini RPP-nya telah disiapkan untuk pelajar SMP, SMA, dan SMK. Dalam RPP tersebut ada perbedaan jumlah pertemuannya.

"Tapi itu disesuaikan dengan situasi di sekolah masing-masing. Jadi nantinya anak-anak dari rumah, guru mengajar jarak jauh tapi ada pedomannya. Tadi kami sampaikan itu," kata Anies.

3. Anies berharap pelajar bisa bahas isu terkini di sekolah

Anies Minta Guru Siapkan Pelajaran Bahas UU Cipta Kerja pada SiswaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2014-2016 ini berharap agar pelajar punya kesempatan membicarakan masalah yang tengah hangat dibicarakan masyarakat umum, sehingga mereka jadi terbiasa.

"Harapannya ini menjadi media pembelajaran yang bermanfaat untuk semuanya, baik gurunya, orang tuanya maupun siswanya," jelas Anies.

Baca Juga: Pelajar Ikut Demo, Kapolda Metro dan Anies Duduk Bareng Kepala Sekolah

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya