Anies Perpanjang Masa Jabatan Orang Kepercayaan Jokowi dan Ahok

Saefullah sudah lima tahun menjabat

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi DKI Jakarta, Chaidir, mengungkapkan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah merekomendasikan untuk memperpanjang masa jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI, Saefullah, setelah lima tahun menjabat.

Saefullah sudah menjabat sebagai Sekda sejak era Gubernur Joko "Jokowi" Widodo, kemudian era Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, hingga Djarot Saiful Hidayat. Saat ini, Saefullah masih belum tergantikan sejak dilantik pada 11 Juli 2014.

"Masa jabatan Pak Sekda itu sudah lima tahun. Namun diperpanjang kembali dalam surat perpanjangan, itu sudah turun dari Kemendagri. Pak Sekda kan masih bagus kinerjanya, kompetensi masih bagus," kata Chaidir, Rabu (17/7).

Baca Juga: Anies Baswedan: Jakarta Jadi Tuan Rumah Balap Mobil Formula E 2020!

1. Perpanjangan jabatan Saefullah sudah sesuai aturan

Anies Perpanjang Masa Jabatan Orang Kepercayaan Jokowi dan AhokIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Chaidir memastikan, perpanjangan jabatan Saefullah ini telah sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun, tak ada ketentuan mengenai batas waktu perpanjangan jabatan tersebut. Hal ini, mengacu kepada kebijakan Anies mengenai kinerja, kesesuaian kompetensi, dan kebutuhan instansi.

"Jadi bunyinya, berdasarkan ketentuan Pasal 117 UU Nomor 15 Tahun 2014 tentang aparatur sipil negara, ditegaskan bahwa jabatan pimpinan tinggi hanya dapat diduduki paling lama 5 tahun dan dapat diperpanjang berdasarkan pencapaian kinerja kesesuaian kompetensi, dan kebutuhan instansi yang telah dapat persetujuan Dinas Kepegawaian dan berkoordinasi dengan KSN," kata Chaidir.

2. Tergantung gubernur

Anies Perpanjang Masa Jabatan Orang Kepercayaan Jokowi dan AhokIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Chaidir menjelaskan, hal tersebut sudah merupakan ketentuan, sehingga berapa lama Saefullah kembali menjabat bergantung pada Anies.

"Gak ada ketentuan (maksimal lima tahun) itu, tergantung Gubernur, iya," ujarnya.

3. Saefullah orang berpengalaman di DKI Jakarta

Anies Perpanjang Masa Jabatan Orang Kepercayaan Jokowi dan AhokIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Saefullah merupakan orang yang telah kenyang makan asam garam di wilayah DKI Jakarta. Ia mengawali karier sebagai pejabat pemprov dengan jabatan sebagai Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan DKI Jakarta pada 2003.

Setahun kemudian, ia menjabat sebagai Kepala Subdinas SLTP dan bertahan selama empat tahun.

Pada 2008, ia sempat menjabat sebagai Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta sebelum pindah posisi sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga pada 2009-2010.

Kemudian, ia menggantikan Sylviana Murni sebagai Wali Kota Jakarta Pusat dari 2008 hingga 2014, kemudian dilantik menjadi sekda hingga saat ini.

Baca Juga: Anies Baswedan Tanggapi Santai Soal Peluangnya Jadi Capres 2024

Topic:

  • Sunariyah

Just For You