Comscore Tracker

Anies: Sebelum Era Habibie yang Mengkritik Akan Ditangkap

Habibie berjasa pada kebebasan pers yang bisa dinikmati kini

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai sejak era Presiden ketiga RI BJ Habibie kebebasan berpendapat bisa dinikmati publik. Hal itulah yang tak didapatkan sebelum Habibie didapuk sebagai Presiden.

"Lihat Pak Habibie, kita mengalami era kebebasan. Era sebelumnya, orang mengkritik akan ditangkap. Era Pak Habibie, orang mengkritik lalu dibiarkan. Bahkan mencaci maki pun, dibiarkan. Yang mencaci maki dijawab pakai apa? Pakai senyum pula," kata Anies sebelum berangkat ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Timur, Kamis (12/9).

Menurut Anies hal tersebut merupakan ajaran tentang kematangan pribadi seorang demokrat dan negarawan tulen.

Sebelumnya, Anies menuturkan bahwa teknokrat bangsa itu juga berjasa pada kebebasan pers yang dinikmati pekerja media saat ini. Sebab, pada era Presiden Habibie menjabat Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers disahkan.

"Beliau yang membuka dan membuat kita semua merasakan adanya kebebasan jurnalistik seperti yang kita rasakan hari ini. Bukan saja bapak demokrasi, tetapi juga beliau orang yang paling berjasa dalam membuat dunia pers menjadi bebas seperti sekarang ini," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta.

Jenazah Habibie telah dikebumikan di TMP Kalibata secara militer dan dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo.

Para mantan Presiden dan Wakil Presiden mulai dari Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-6 Tri Sutrisno, Wakil Presiden ke-11 Budiono, Wakil Presiden ke-12 Jusuf Kalla, dan istri Presiden keempat Sinta Nuriyah Wahid hadir dalam proses pemakaman.

Selain itu, sejumlah tokoh nasional lainya hadir dalam upacara pemakaman Habibie, seperti Menko Kemaritiman, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri PUPR Basuki, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Agus Harimurti Yudhoyono, Eddie Baskoro Yudhoyono, dan lainnya.

Baca Juga: Jokowi Serahkan Bendera Merah Putih pada Keluarga BJ Habibie

https://www.youtube.com/embed/ooHNupFPm-E

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You