Anies Segera Lengser, DPRD: Masih Banyak Sekali PR di Jakarta

Usulan nama Penjabat Gubernur DKI dari DPRD diputuskan besok

Jakarta, IDN Times - DPRD DKI Jakarta mulai membahas pengusulan nama calon Penjabat Gubernur DKI Jakarta untuk mengisi kekosongan jabatan yang ditingal Anies Baswedan dan Riza Patria hingga 2024.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi berharap, siapapun sosok yang terpilih bisa menyelesaikan masalah Jakarta. Sebab, dia menilai jika banyak pekerjaan rumah yang ditinggalkan oleh eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

"Harus mengerti Masalah Jakarta, komunikasi yang baik, karena masih banyak sekali PR-PR di Jakarta yang belum terlaksana," ujar Prasetyo, Senin (12/9/2022).

"Contohnya masalah banjir. Setiap gubernur itu kalau Pilkada, janjinya hulu-hilir dibereskan. Nah, itu konsentrasi kita. Jadi siapapun penjabatnya, kita harus tekan masalah banjir dan macet," sambungnya.

1. Setiap fraksi dan pimpinan berhak mengusulkan nama gantikan Anies Baswedan

Anies Segera Lengser, DPRD: Masih Banyak Sekali PR di JakartaKetua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi datangi KPK untuk menyampaikan informasi terkait penyelenggaraan Formula E, Selasa (8/2/2022). (instagram.com/PrasetyoEdiMarsudi)

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan DPRD akan berembuk dan memilih tiga nama calon bakal calon PJ Gubernur ke Kementerian Dalam Negeri.

Pras menjelaskan, seluruh fraksi di DPRD DKI Jakarta akan mengusulkan tiga nama dan pimpinan akan mengsusulkan lima nama. Besok, tiga nama terbanyak akan diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri.

"Jadi besok setelah paripurna, kita melaksanakan (pemilihan) tiga nama itu siapa aja sih yang layak menjadi penjabat gubernur DKI Jakarta," ujar Prasetyo.

Baca Juga: Anies: Bulan Depan Saya Selesai Jadi Gubernur, Sesudah Itu Lihat Nanti

2. Usulan nama Penjabat Gubernur DKI dari DPRD diputuskan besok

Anies Segera Lengser, DPRD: Masih Banyak Sekali PR di JakartaKetua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dalam agenda rapat bersama Badan Musyawarah DPRD DKI Jakarta, Senin (27/9/2021). (instagram.com/prasetyoedimarsudi)

Keputusan nama bakal calon PJ Gubernur DKI Jakarta dari DPRD DKI akan keluar besok. Siang ini, Rapat Pimpinan Gabungan akan digelar DPRD untuk membahas mekanismenya.

"Jadi hari ini kita mengadakan (rapat) Bamus untuk menentukan (Rapimgab) jam satu bagaimana mekanisme daripada pengaturan tiga nama yang dibuat oleh Kemendagri surat edaran itu," ujar Prasetyo.

3. Masa jabatan Anies Baswedan berakhir Oktober 2022

Anies Segera Lengser, DPRD: Masih Banyak Sekali PR di JakartaGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (IDN Times/Aryodamar)

Seperti diketahui, Anies mulai menjabat sebagai gubernur pada Oktober 2017. Bersama Sandiaga Uno, saat itu ia berhasil unggul dari pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

Anies-Sandiaga saat itu diusung Gerindra dan PKS. Sedangkan Ahok-Djarot didukung PDI Perjuangan, Golkar, Hanura, dan Nasdem.

Seiring berjalannya waktu, Sandiaga mundur dari kursi Wakil Gubernur untuk maju sebagai calon Wakil Presiden. Posisinya digantikan Ahmad Riza Patria yang terpilih lewat pemilihan di DPRD DKI Jakarta.

Baca Juga: 3 Nama PJ Gubernur Pengganti Anies dari DPRD DKI Ditentukan Besok

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya