Comscore Tracker

Anies Siapkan Bilik Isolasi Mandiri untuk Warga Reaktif di Tanah Abang

Besok, warga Kebon Melati, Tanah Abang akan tes massal PCR

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyiapkan bilik berukuran dua meter untuk menampung warga Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat yang melaksanakan tes massal PCR untuk mendeteksi virus corona atau COVID-19. Sembari menunggu hasilnya, Anies mengimbau warga untuk tinggal di bilik tersebut.

1. Warga Kebon Melati akan tes massal besok pagi

Anies Siapkan Bilik Isolasi Mandiri untuk Warga Reaktif di Tanah AbangIlustrasi Rapid Test (Dok. Satpol PP Jakarta Barat)

Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Megantara yang turut hadir mendampingi Anies di lokasi mengatakan bahwa warga Kebon Melati diminta untuk tinggal di bilik berukuran dua meter itu selama 14 hari. Bayu mengatakan, di lokasi tersebut terdapat 20 bilik.

"Besok pagi (test massal). Langsung ditaruh di sini. Kemungkinan sore, kan paginya tes apa segala macam, tapi kan hasil cepat, ya kita langsung tempatkan di sini," katanya pada Minggu (17/5).

Baca Juga: Derita Isolasi Mandiri Setelah Anak Meninggal Karena Virus Corona

2. Warga boleh isolasi mandiri di rumah asal memenuhi protokol kesehatan

Anies Siapkan Bilik Isolasi Mandiri untuk Warga Reaktif di Tanah AbangTempat isolasi sementara penanganan COVID-19 di Gedung Balai Latihan Kesenian Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (17/5/2020). Gedung tersebut akan digunakan sebagai tempat isolasi sementara bagi warga yang hasil tes cepatnya (rapid test) reaktif. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bilik isolasi mandiri itu dibuat bagi warga yang kondisi rumah dan lingkungannya tidak memungkinkan untuk isolasi mandiri sesuai protokol kesehatan. Namun, apabila warga merasa ingin melaksanakan isolasi mandiri di rumah, ia tak masalah.

"Monggo saja silakan tapi dengan konsekuensi semua menggunakan masker, protokol kesehatan tetap harus dijalankan," jelasnya.

3. Anies Janji sediakan tempat isolasi mandiri di masing-masing kelurahan

Anies Siapkan Bilik Isolasi Mandiri untuk Warga Reaktif di Tanah AbangGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau kesiapan lokasi isolasi sementara penanganan COVID-19 di Gedung Balai Latihan Kesenian Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (17/5/2020). Gedung tersebut akan digunakan sebagai tempat isolasi sementara bagi warga yang hasil tes cepatnya (rapid test) reaktif. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Dalam media sosialnya, Anies mengakui bahwa Jakarta masih memiliki banyak perkampungan padat sehingga akan kesulitan untuk melaksanakan isolasi mandiri di rumah. Ia berjanji akan menyiapkan tempat isolasi mandiri khusus di tiap kelurahan yang ada di ibu kota.

"Terobosan bilik isolasi mandiri ini merupakan solusi terbaik agar fasilitas kesehatan lanjutan dapat diprioritaskan sepenuhnya bagi mereka yang bergejala berat COVID-19 dan membutuhkan perawatan intensif," jelasnya.

Baca Juga: Anies Minta Warga Tetap di Rumah Saat Lebaran, Virus Tidak Kenal Hari

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya