Comscore Tracker

Antisipasi Reuni 212, Kawasan Monas dan Patung Kuda Bakal Ditutup

Reuni 212 juga digelar di masjid almarhum Ustaz Arifin Ilham

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas menjelang aksi Reuni 212 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis, 2 Desember 2021. Hal ini untuk mengantisipasi kerumunan massa Reuni 212 meski tak mendapat izin penyelenggaraannya.

"Kami dari Polda Metro Jaya akan melaksanakan penyekatan di seputar kawasan Bundaran Patung Kuda dan kawasan Monas yang akan berlaku mulai pukul 24.00 nanti malam sampai dengan setidaknya pukul 21.00, 2 Desember besok," ujar Dirlantas Polda Metro Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Rabu (1/12/2021).

"Area yang akan ditutup adalah area di seputar Patung Kuda dan kawasan Monas," sambungnya.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Tegaskan Tak Beri Izin Reuni 212 

1. Ada sejumlah kawasan terbatas

Antisipasi Reuni 212, Kawasan Monas dan Patung Kuda Bakal DitutupDirektur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Sambodo menjelaskan ada sejumlah kawasan terbatas di wilayah tertentu. Kawasan itu antara lain Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Abdul Muis, kawasan Harmoni, Gedung Veteran 3, dan Gambir arah Istana, hingga Kedutaan Besar Amerika Serikat.

"Semua kawasan ini menjadi kawasan terbatas dan tidak boleh dimasuki oleh kendaraan apapun," ujar dia.

2. Ada sejumlah wilayah difiltrasi

Antisipasi Reuni 212, Kawasan Monas dan Patung Kuda Bakal DitutupDirektur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo (ANTARA/Fianda Rassat)

Selain kawasan tersebut, Sambodo mengatakan, ada wilayah lain yang difiltrasi. Kawasan-kawasan tersebut masih boleh dilalui kendaraan tapi dibatasi.

"Misalnya di Semanggi, Tugu Tani, kemudian sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin khusus untuk masyarakat masih bisa melintas, tetapi untuk para massa yang akan menghadiri perayaan 212 tidak boleh melintas untuk kawasan ini, tidak boleh dilewati kendaraan apapun," ujarnya.

3. Reuni 212 digelar di masjid milik almarhum Ustaz Arifin Ilham

Antisipasi Reuni 212, Kawasan Monas dan Patung Kuda Bakal DitutupIDN Times/Irfan fathurohman

Diketahui, Reuni 212 tetap bakal digelar meski tak berizin dari Satgas COVID-19 dan Polda Metro Jaya. Acara ini rencananya akan digelar di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, pada pagi hari. 

Kemudian, pada siang harinya dilanjutkan di Masjid Az-Zikra Sentul, Bogor, milik almarhum Ustaz Arifin Ilham.

Sejumlah tokoh akan diundang untuk datang ke acara ini. Tokoh-tokoh tersebut antara lain Sobri Lubis, Refly Harun, Lieus, Slamet Ma'arif, dan Amien Rais.

Baca Juga: Lokasi Reuni 212 Berubah: Pagi di Patung Kuda Jakpus, Siang di Bogor

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya