Comscore Tracker

Apa Kabar Jakarta Internasional Stadium? Pernah Dijanjikan Anies

Pembangunan JIS sudah masuki pekan ke-59

Jakarta, IDN Times - Salah satu janji yang diucapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat kampanye adalah membangun stadion. Rencananya stadion yang berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara, itu akan dinamai Jakarta Internasional Stadium (JIS).

"Kondisi perkembangan konstruksi JIS saat ini kita sudah mencapai 31,89 persen di Minggu yang ke-59. Kita masih tetap optimistis menyelesaikan sesuai dengan komitmen di 2021," kata  Manager komunikasi PT Jakpro, Arnold Kindangen, dalam diskusi virtual JakPro yang dilihat IDN Times, Rabu (21/10/2020).

1. JIS akan mengusung konsep green building

Apa Kabar Jakarta Internasional Stadium? Pernah Dijanjikan AniesKonsep Green Building Jakarta Internasional Stadium, Sunter, Jakarta Utara (Dok. Humas PT JakPro)

Officer Material Coordinator Jakarta International Stadium, Alfitra Libelnedo, mengatakan bahwa JIS merupakan stadion pertama di Indonesia yang mengusung konsep Green Building.

JIS akan memperoleh sertifikasi atau Greenship level platinum yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi Green Building Council Indonesia (GBCI). Untuk itu, JIS akan dilengkapi oleh fasilitas yang ramah lingkungan sekaligus sustainability.

Dari sisi energi misalnya, ia menuturkan, JIS akan menerapkan pemakaian energi yang lebih hemat. Misalnya, JIS bakal menggunakan renewable energy sebesar 5,1 persen dari daya listrik yang dibutuhkan Gedung. Caranya dengan memanfaatkan solar panel.

“Sedangkan 95 persen kita suplai dari PLN," katanya.

Baca Juga: Bos PLN Buka-bukan Soal Rincian Utang Pemerintah ke PLN Rp48 Triliun

2. Lampu di stadion memakai LED standar FIFA

Apa Kabar Jakarta Internasional Stadium? Pernah Dijanjikan AniesKonstruksi proyek Jakarta Internasional Stadium, Sunter Jakarta Utara (Dok. Humas JakPro)

Selain itu, ruangan-ruangan di JIS dan lampu-lampu taman akan menggunakan lampu LED. Sebab, lampu LED lebih hemat energi. Sedangkan di lapangan, nantinya akan memakai sport lighting khusus untuk menunjang broadcasting penyiaran. Hal ini sesuai dengan standar FIFA.

“Secara umum pake lampu LED stadion kita,” ujarnya.

3. JIS juga akan dilengkapi dengan konsep penghematan penggunaan air

Apa Kabar Jakarta Internasional Stadium? Pernah Dijanjikan AniesIlustrasi cuci tangan dengan bersih (IDN Times/Irma Yudistirani)

JIS juga akan dilengkapi dengan konsep penghematan penggunaan air. Nantinya, wastafel, keran tembok maupun shower akan dilengkapi dengan fitur auto stop. Artinya, setiap fitur disetting sesuai dengan standar yang berlaku.

Misalnya, standar penggunaan shower mesti di bawah 9 liter per menit hingga air limbah yang dimanfaatkan untuk menyiram rumput lapangan dan tanaman.

“Jadi tidak pakai air PDAM, termasuk flushing toilet juga pake itu,” ujarnya.

Tak hanya itu, JIS juga nantinya akan menerapkan konsep pemanfaatan air hujan. Caranya, air hujan akan dibuatkan Rain Water Tank (RWT), lalu disaring atau Treated Rain Water (TRW), dan air hujan tersebut akan tersimpan di Ground Water Tank (GWT).

Baca Juga: Tak Dapat Izin, Persipura Batal Gunakan Stadion Gajayana  

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Aryodamar

Berita Terkini Lainnya