Azis Syamsuddin Mangkir Lagi dari Panggilan KPK

Sebelumnya Azis tak hadir dengan alasan isolasi mandiri

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin (AZ) mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi. Politikus Partai Golkar itu sejatinya bakal diperiksa pada Jumat (24/9/2021) terkait kasus korupsi di Lampung Tengah.

"Hari ini KPK seyogyanya benar memanggil dan memeriksa saudara AZ untuk dimintai keterangannya. Namun kami tunggu hingga sore ini, yang bersangkutan tidak hadir," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara bidang Penindakan KPK Ali Fikri.

1. Azis Syamsuddin pernah absen karena isolasi mandiri

Azis Syamsuddin Mangkir Lagi dari Panggilan KPKWakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. (IDN Times/Aryodamar)

Ali mengungkapkan bahwa KPK sempat menjadwalkan pemanggilan Azis beberapa waktu lalu. Namun, saat itu ia berhalangan hadir karena mengaku sedang isolasi mandiri.

"Sebelumnya KPK telah menerima surat permintaan penundaan jadwal pemeriksaannya, karena yang bersangkutan sedang menjalani isoman setelah mengaku berinteraksi dengan seseorang yang dinyatakan positif COVID-19," jelas Ali.

Baca Juga: Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Dipanggil KPK Hari Ini, Kasus Apa?

2. KPK harap Azis dalam kondisi yang baik

Azis Syamsuddin Mangkir Lagi dari Panggilan KPKWakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. (IDN Times/Aryodamar)

KPK mendoakan Azis Syamsuddin dalam kondisi baik sehingga bisa memenuhi panggilan. Lembaga antirasuah berharap agar Azis koorperatif.

"Agar proses hukum penanganan perkara ini tidak berlarut-larut," ujarnya.

3. KPK terus kumpulkan keterangan dan bukti terkait

Azis Syamsuddin Mangkir Lagi dari Panggilan KPKPlt. Jubir bidang Penindakan KPK Ali Fikri saat OTT Bupati Kolaka Timur pada Rabu (22/9/2021). (dok. KPK)

Di samping ketidakhadiran Azis, KPK terus melakukan penyidikan terkait dugaan korupsi Lampung Utara. Tim Penyidik saat ini masih mengumpulkan keterangan dan bukti terkait kasus itu.

"KPK masih terus fokus mengumpulkan bukti dan keterangan dari para pihak yang kami yakini dapat membuat konstruksi perkara ini semakin terang," ujarnya.

Baca Juga: Golkar Yakin Azis Syamsuddin Bakal Penuhi Panggilan KPK

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya