Comscore Tracker

Baku Tembak, 2 Satgas Nemangkawi Terluka dan 1 Anggota KKB Tewas

Anggota KKB yang tewas diserahkan ke keluarganya

Jakarta, IDN Times - Dua anggota Satuan Tugas Nemangkawi terluka akibat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Wuloni, Kabupaten Puncak, Jayapura, Papua pada Kamis, 14 Mei 2021. Hal tersebut dibenarkan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Akhiri.

"Memang benar ada dua anggota yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi yang terluka terkena rekoset," kata Mathius seperti dilansir ANTARA, Jumat (15/5/2021).

Baca Juga: KKB Berulah Lagi di Ilaga, Tembaki Polsek dan Bakar Rumah Warga

1. Petugas sita sejumlah barang bukti, termasuk bendera Bintang Kejora

Baku Tembak, 2 Satgas Nemangkawi Terluka dan 1 Anggota KKB TewasIlustrasi bendera Bintang Kejora (ANTARA FOTO/Husyen Abdillah)

Dalam baku tembak yang terjadi Kamis pagi itu tercatat seorang anggota KKB tewas di sekitar Kampung Wuloni, yang letaknya relatif cukup jauh dari Ilaga. Dari kejadian tersebut, aparat keamanan menyita sejumlah barang bukti.

"Anggota berhasil mengamankan berbagai barang bukti, termasuk dokumen, dan bendera Bintang Kejora," kata Fakhiri.

2. Aparat keamanan sudah melakukan penyekatan meski belum kuasai markas KKB

Baku Tembak, 2 Satgas Nemangkawi Terluka dan 1 Anggota KKB TewasAnggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Lekagak Teleggen masuk daftar DPO Polri. ANTARA/HO-Humas Nemangkawi)

Kapolda mengaku aparat keamanan belum menguasai markas KKB di kawasan itu. Namun, menurut Mathius, pihaknya sudah melakukan penyekatan.

"Yang pasti kami berupaya agar KKB tidak masuk Ilaga, kemudian memisahkan mereka dari masyarakat," ujarnya.

3. Seorang anggota TPNPB tewas

Baku Tembak, 2 Satgas Nemangkawi Terluka dan 1 Anggota KKB TewasIlustrasi Pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Fakhiri menegaskan pada saat ini seluruh anggota Satgas Nemangkawi bersiaga. Kontak senjata antara Satgas Nemangkawi dan KKB dilaporkan menewaskan Lesman Wakerkwa.

Sementara, dilansir media lokal, Jubi, Lekagak Telenggen mengakui satu anggota Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)--Organisasi Papua Merdeka, menjadi korban penembakan. Anggota itu atas nama Timika Wanimbo, bukan Lesman Wakerkwa.

“Yang meninggal dunia itu. Bukan Lesman Wakerkwa yang benar anggota saya itu namanya Timika Wanimbo,” katanya.

Jenazah Timika Wanimbo yang tewas dalam kontak tembak dengan TNI di Kampung Wuloni Distrik Ilaga itu diperabukan di samping lapangan sepak bola Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (14/5/2021).

“Dia diperabukan dengan cara tradisi orang Lani ketika mereka dalam medan perang lalu meninggal kena anak panah atau peluru biasanya diperabukan. Selain kena peluru juga apabila masyarakat terkena racun atau (Niggiriak; Bahasa Lany) biasanya jenazah mereka diperabukan,” kata sumber Jubi.

Sumber Jubi itu mengatakan, TNI menembak mati Timika Wanimbo pada Kamis, 13 Mei 2021 pukul 07.16 WIT, dan hingga pukul 14.00 WIT, baru diserahkan TNI ke pihak keluarga.

“Upacara perabuan jenazah Timika Wanimbo dihadiri oleh keluarga besarnya. Mereka bersepakat bahwa tidak ada acara kedukaan,” katanya.

Sebelumnya, Komandan Operasi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Lekagak Telenggen mengatakan, sejak Kamis, 13 Mei 2021 terjadi kontak senjata antara TNI/Polri dengan TPNPB di Kampung Upaga, Distrik Gome.

Baca Juga: Satgas Nemangkawi Tembak Mati Komandan KKB Penembak Bharada Komang

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya